Zat Radioaktif Cs 137 di Batan Indah Tangsel Memicu Kanker, Efek Radiasi Paling Cepat Kulit Terbakar

Nasional

News / Nasional

Zat Radioaktif Cs 137 di Batan Indah Tangsel Memicu Kanker, Efek Radiasi Paling Cepat Kulit Terbakar

Zat Radioaktif Cs 137 di Batan Indah Tangsel Memicu Kanker, Efek Radiasi Paling Cepat Kulit Terbakar

KEPONEWS.COM - Zat Radioaktif Cs 137 di Batan Indah Tangsel Memicu Kanker, Efek Radiasi Paling Cepat Kulit Terbakar TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN Petugas dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengambil sisa tanah yang mengandung zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Ser...
Zat Radioaktif Cs 137 di Batan Indah Tangsel Memicu Kanker, Efek Radiasi Paling Cepat Kulit Terbakar

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Petugas dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengambil sisa tanah yang mengandung zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (16/2/2020). Pengambilan tanah tersebut akan dibawa ke Batan untuk diidentifikasi guna mengetahui paparan radioaktif di daerah tersebut melebihi batas atau tidak. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir RS MRCC Siloam, Hapsari Indrawati memberikan dampak terburuk dari zat radioaktif jenis Cesium (Cs) 137 dapat memicu kanker.

Hapsari Indrawati yang bekerja pada bidang radiasi mengatakan dampak terburuk akan terjadi bila masyarakat terpapar zat radioaktif dalam waktu yang lama.

"Satu concern jikalau terpapar radiasi dalam waktu lama dan tidak memakai pelindung, paling banyak kasus dilaporkan itu ialah kanker," ungkap Hapsari Indrawati, dikutip dari YouTube KompasTV.

Disebutkan Hapsari, hal itu seperti kejadian Hirosima-Nagasaki dibom nuklir oleh Amerika Serikat pada tahun 1945.

Adapun dampak karena ledakan bom tersebut masyarakat Jepang yang masih tersisa hidup menderita kanker tiroid.

Hapsari mengatakan kanker tiroid terjadi karena efek dari pada zat Yodium.

Namun, ia menyebut kejadian di Perumahan Batan Indah Tangerang Selatan tidak membahayakan seperti halnya radiasi dari bom nuklir Hirosima-Nagasaki.

"Tapi sepertinya kalau Cesium ini nggak begitu, beda," ujar Hapsari.

Kendati demikian, ia memaparkan dampak paling cepat jikalau Cs 137 terjadi kontak dengan kulit akan menyebabkan terbakar.

"Kalau sampai nanti ada isu misalnya masyarakat di sekitar situ main bola atau apa, kok tiba-tiba kulitnya melepuh kebakar, itu kemungkinan efek yang paling cepat terjadi," ungkap Hapsari.

Petugas dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengambil sisa tanah yang mengandung zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (16/2/2020). Pengambilan tanah tersebut akan dibawa ke Batan untuk diidentifikasi guna mengetahui paparan radioaktif di daerah tersebut melebihi batas atau tidak. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN Petugas dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengambil sisa tanah yang mengandung zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (16/2/2020). Pengambilan tanah tersebut akan dibawa ke Batan untuk diidentifikasi guna mengetahui paparan radioaktif di daerah tersebut melebihi batas atau tidak. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Comments