Yuk Lihat Festival Grebeg Sudiro untuk Menyambut Imlek

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Yuk Lihat Festival Grebeg Sudiro untuk Menyambut Imlek

Yuk Lihat Festival Grebeg Sudiro untuk Menyambut Imlek

KEPONEWS.COM - Yuk Lihat Festival Grebeg Sudiro untuk Menyambut Imlek SETIAP tahun baru Imlek, keturunan Jawa China yang ada di Surakarta, Solo selalu mengadakan festival Grebeg Sudiro.Tahun lalu acara ini digelar dari 31 Januari hingga 8 Febuari 2016 dan diadakan di ar...

SETIAP tahun baru Imlek, keturunan Jawa China yang ada di Surakarta, Solo selalu mengadakan festival Grebeg Sudiro.

Tahun lalu acara ini digelar dari 31 Januari hingga 8 Febuari 2016 dan diadakan di area Gedhe, kampung China. Area tersebut ditemani dengan pukulan simbal, pukulan gendang, dan juga ratusan lampion. Tak ketinggalan pertunjukan Barongsai dilakukan juga selama berada di sini.

Mengikuti budaya Jawa, gunung besar yang disebut gunungan juga akan diajak keliling jalanan, dengan tumpukan kue ranjang, atau kue basket. Biasanya gunungan ini dibawa oleh pria untuk berkeliling di Sudiroprajan.

(foto: Indonesiatravel)

Sorotan utama parade ini diadakan di Pasar Gedhe yang ada lampion besar dengan bentuk pot teh. Kata grebeg sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti merayakan untuk acara spesial termasuk acara kelahiran Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Seperti layaknya perayaan besar, di sana terdapat banyak makanan, kue, dan produksi agrikultur di gunungan.

Grebeg Sudiro untuk tahun baru Cina ini menujukan jika orang Indonesia memiliki toleransi berasa akan teknik dan ras. Sebagaimana dikutip dari Indonesiatravel, Minggu (8/1/2017), dalam mengadakan acara ini merupakan kerja sama Jawa dan China.

Yuk Lihat Festival Grebeg Sudiro untuk Menyambut Imlek

Comments