Yuk, Lari Bareng Chicco Jerikho untuk Selamatkan Gajah

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Yuk, Lari Bareng Chicco Jerikho untuk Selamatkan Gajah

Yuk, Lari Bareng Chicco Jerikho untuk Selamatkan Gajah

KEPONEWS.COM - Yuk, Lari Bareng Chicco Jerikho untuk Selamatkan Gajah Nama Chicco Jerikho pasti sudah tidak asing lagi di indera pendengaran penikmat hiburan Indonesia. Aktor yang juga suami dari aktris Putri Marino itu juga dikenal sebagai pengusaha. Belum banyak diket...

Nama Chicco Jerikho pasti sudah tidak asing lagi di indera pendengaran penikmat hiburan Indonesia. Aktor yang juga suami dari aktris Putri Marino itu juga dikenal sebagai pengusaha.

Belum banyak diketahui publik, bahwa ternyata Chicco punya kepedulian besar terhadap kelestarian Gajah Sumatera. Ia sempat berkunjung langsung ke tempat asal Gajah Sumatera di Aceh serta berinteraksi dengan warga setempat.

Kondisi Gajah Sumatera memang sangat memprihatinkan hingga mendapat status terancam punah (critically endangered) dari lembaga konservasi dunia, IUCN. Dari rilis WWF yang diterima VIVA pada 12 April2018, dalam kurun waktu 25 tahun, populasi Gajah Sumatera di Riau menurun tajam. Dari 1.300 individu pada 1984 menjadi hanya sekitar 300-330 individu di 2009 (data WWF-Indonesia & BKSDA Riau).

Sejumlah Gajah Sumatera jinak berada di Pusat Konservasi Gajah Riau

Dua penyebab utama menurunnya populasi Gajah Sumatera, yaitu yang akan terjadi perburuan dan konversi lahan besar-besaran. Tempat asal alami gajah banyak yang telah rusak atau hilang, hingga seringkali kawanan gajah liar masuk ke kebun atau pemukiman warga untuk mencari makan.

Hal itu mengakibatkan konflik antara manusia dan gajah. Di DAS Peusangan, Aceh, misalnya, jumlah rata-rata kejadian konflik gajah-manusia antara 10 hingga 20 kejadian per bulan. Sedangkan sepanjang 1999 hingga 2015, ada 64 kasus konflik gajah-manusia, yang ditemukan di sekitar wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), khususnya di Desa Pemerihan, Kabupaten Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung.

Salah satu solusi untuk mencegah konflik tersebut, merupakan dengan menyebarkan ruang. Salah satu caranya dengan menanam pakan gajah di sekitar daerah hutan tempat asal gajah dan menanam tanaman pagar yang tidak disukai gajah. Dengan demikian, kawanan gajah liar tidak akan masuk lagi ke kebun atau pemukiman warga.

Sebagai bentuk kepeduliannya, Chicco akan ikut berpartisipasi aktif untuk kelestarian Gajah Sumatera. Ia akan melakukan penggalangan dana dengan berlari di London Marathon pada 22 April mendatang, yang merupakan Marathon pertamanya.

Chicco pemanasan sebelum berlari.

Untuk mempersiapkan fisik dan mental dalam marathon mendatang, Chicco rutin berlatih. Ia mendedikasikan semua upaya dan latihan kerasnya untuk menyuarakan isu pelestarian Gajah Sumatera. Chicco juga mengajak publik untuk menjadi bagian dari solusi konflik gajah dan manusia dengan berdonasi untuk penanaman pakan gajah.

Bersama dengan Chicco, Anda juga bisa ikut berpartisipasi untuk menyelamatkan Gajah Sumatera. Caranya dengan berdonasi melalui VIRTUAL ELEPHANTASTIC RUN. Registrasi dapat dilakukan di virtualrun.id/elephantastic-run dengan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000 yang keseluruhannya akan didonasikan untuk program konservasi Gajah Sumatera.

Para pelari dapat berlari atau berjalan sejauh minimal 5 kilometer di mana pun dan kapan pun pada 21-23 April 2018. Registrasi terbuka hingga 23 April 2018.

Rangkaian kegiatan lari bersama Elephantastic Run menuju London Marathon 22 April 2018 yang bisa diikuti oleh publik merupakan:

1. Run di Pekanbaru 15 April 2018

2. Run di Jakarta 22 April 2018

3. Run di Banda Aceh 22 April 2018

4. Run di Surabaya 22 April 2018

Yuk, olahraga sambil berdonasi untuk kelestarian Gajah Sumatera.

Comments