Yuk Ketahui Olahraga yang Aman Dilakukan saat Puasa Ramadhan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Yuk Ketahui Olahraga yang Aman Dilakukan saat Puasa Ramadhan

Yuk Ketahui Olahraga yang Aman Dilakukan saat Puasa Ramadhan

KEPONEWS.COM - Yuk Ketahui Olahraga yang Aman Dilakukan saat Puasa Ramadhan PUASA Ramadhan jangan menjadi halangan untuk tidak melakukan rutinitas olahraga. Justru olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selam...

PUASA Ramadhan jangan menjadi halangan untuk tidak melakukan rutinitas olahraga. Justru olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama bulan puasa. Di samping itu, menjaga pola makan sehat dan manajemen stres juga harus terus dijalankan.

"Olahraga saat sedang berpuasa itu boleh dan aman, selama jenis olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh," ujar Ketua Umum Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Marcellina Leonora, seperti dikutip dari Antara, Jumat (16/4/2020).

Pasien Diabetes Puasa Ramadhan, Biar Aman Terapkan Taktik Ini

Olahraga kardio dengan intensitas rendah seperti joging, jalan cepat, bersepeda, berenang, atau bahkan sekadar naik turun tangga di dalam rumah dapat menjadi pilihan.

Marcellina mengatakan durasi yang diharapkan untuk berolahraga tidak perlu terlalu lama, cukup 30 menit sebelum buka puasa.

Puasa. (Foto: Ededchechine/Freepik)

"Light resistance training 3 hingga 4 set dengan jumlah repetisi 8 sampai 12 kali untuk setiap gerakan, ini juga dapat dilakukan sebelum berbuka puasa," jelasnya.

Sama halnya dengan mobility dan flexibility workout yang juga dapat dilakukan sebelum berbuka puasa.

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Ini Penjelasan Ustadz

Kendati demikian, ada syarat yang harus dipatuhi sebelum memulai olahraga. Marcellina menyebutkan penting untuk memastikan bahwa olahraga tidak dilakukan ketika kepala terasa pusing atau tubuh dalam kondisi lemas.

"Karena jam tidur yang berbeda dari hari-hari biasa dan kurangnya cairan di dalam tubuh. Olahraga selama di bulan Ramadhan bertujuan untuk menjaga stamina agar tetap fit," tambahnya.

Comments