Yuk Kenali Jenis-Jenis Narkoba dan Gejala Awalnya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Yuk Kenali Jenis-Jenis Narkoba dan Gejala Awalnya

Yuk Kenali Jenis-Jenis Narkoba dan Gejala Awalnya

KEPONEWS.COM - Yuk Kenali Jenis-Jenis Narkoba dan Gejala Awalnya Narkotika dan obat-obatan (Narkoba) terlarang menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Tak hanya ilegal, penggunaan obat-obatan ini dapat memicu penyakit kronis, dan komplikasi yang berujung pad...

Narkotika dan obat-obatan (Narkoba) terlarang menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Tak hanya ilegal, penggunaan obat-obatan ini dapat memicu penyakit kronis, dan komplikasi yang berujung pada cacat permanen atau bahkan kematian.

Saat ini, terdapat beberapa macam obat-obatan terlarang yang dijual secara gelap di dunia. Meski mempunyai banyak jenis, namun benda ini sama-sama berbahaya apabila dikonsumsi secara sembarangan. Merangkum dari Mayo Clinic, berikut jenis-jenis obat terlarang beserta dengan gejala awal saat mengonsumsinya.

1. Ganja

Orang memakai ganja dengan cara seperti merokok, dimakan, atau menghirup dalam bentuk yang diuapkan. Ganja sering kali digunakan bersama dengan zat lain, seperti alkohol atau obat-obatan terlarang.

Gejala awal penggunaan ganja meliputi: Rasa euforia atau perasaan tinggi (ngelfy), perasaan visual, pendengaran, dan persepsi rasa yang tinggi, meningkatnya tekanan darah dan detak jantung, mata merah, mulut kering, koordinasi menurun, sulit berkosentrasi dan mengingat, kecemasan atau paranoid, menimbulkan warna kuning pada pakaian atau ujung jari, dan rasa ngidam terhadap makanan tertentu.

Ilustrasi Narkoba

Kecanduan Media Sosial Bikin Kesepian, Atasi dengan 6 Cara Ini

Gejala awal penggunaan ganja meliputi: Merasa gembira dan percaya diri berlebih, peningkatan kewaspadaan, peningkatan energi dan kegelisahan, perubahan perilaku atau serangan, berbicara dengan cepat atau bertele-tele, pupil-pupil terdilatasikan, kebingungan, delusi dan halusinasi, lekas marah, cemas atau paranoia.

Perubahan detak jantung, tekanan darah dan suhu tubuh, mual atau muntah dengan penurunan berat badan, penilaian yang terganggu, hidung tersumbat dan kerusakan pada selaput lendir hidung (jikalau menghirup obat), sariawan, penyakit gusi dan kerusakan gigi karena obat-obatan merokok ("mulut sabu"), insomnia, dan depresi saat obat habis.

2. Meth dan Kokain

Stimulan termasuk amfetamin, sabu (metamfetamin), kokain, methylphenidate (Ritalin, Concerta, lainnya) dan amfetamin-dextroamphetamine (Adderall, Adderall XR, lainnya). Sering digunakan dan disalahgunakan untuk meningkatkan energi, untuk meningkatkan kinerja di tempat kerja atau sekolah. Selain itu obat ini disinyalir dapat menurunkan berat badan atau mengendalikan nafsu makan.

Comments