Yuk, Kenali Bahan dan Kandungan Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit!

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Yuk, Kenali Bahan dan Kandungan Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit!

Yuk, Kenali Bahan dan Kandungan Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit!

KEPONEWS.COM - Yuk, Kenali Bahan dan Kandungan Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit! Saat ini ada beragam produk skincare yang bisa dicoba dengan banyak klaim yang menggiurkan. Namun, penggunaan skincare ada baiknya disesuaikan dengan jenis kulit....

Saat ini ada beragam produk skincare yang bisa dicoba dengan banyak klaim yang menggiurkan. Namun, penggunaan skincare ada baiknya disesuaikan dengan jenis kulit.

Pasalnya ada beberapa kandungan dan bahan yang sebaiknya dihindari lantaran justru bisa merusak kulit bila penggunaannya tak sesuai. Oleh karenanya penting untuk mengetahui jenis kulit terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Kulit?

Dilansir dari laman TimesOfIndia, ada cara mudah untuk mengetahuinya. Hanya dengan memakai kertas minyak untuk wajah.

5 Tips Belanja Skincare Anti Boros

Ambil beberapa kertas minyak wajah kemudian secara perlahan di wajah. Pastikan bagian-bagian seperti dahi, hidung, pipi, dan dagu tertutup.

Setelahnya lihat hasil kertas di bawah cahaya.

Ilustrasi kulit berminyak. (Shutterstock)Ilustrasi kulit . (Shutterstock)

Bila tidak ada minyak menempel di kertas, maka termaasuk dalam kulit kering. Kebalikannya, banyaknya minyak bisa mengindikasikan kulit berminyak.

Bila minyak terdapat pada bagian T Zone, maka kulit termasuk kulit kombinasi. Sementara kalau ada minyak namun sedikit, kulit bisa dikatakan normal.

Sayangnya kulit yang terasa terbakar atau gatal usai memakai kertas minyak jadi mengambarkan bahwa kulit sensitif.

Pakai Skincare Berlapis Seperti Tren Korea, Bahaya Enggak Sih?

Bahan dan Kandungan yang Cocok Sesuai Jenis Kulit

Kulit Kering

Untuk kulit kering, Hyaluronic Acid merupakan penyelamat. Kandungan ini membantu mengikat air ke dalam kulit dan menjaga kulit tetap lembab.

Selain itu, vitamin E juga cocok untuk melindungi kulit agar tetap lembab dan sehat.

Kulit Berminyak

Asam Salisilat membantu mengontrol produksi berlebih dan harus digunakan oleh orang-orang berkulit berminyak. Pilihan lain ialah Tea Tree Oil untuk mengendalikan jerawat dan bekasnya.

Selain itu, Phyto Niacinamide, Aloe Vera dan Neem juga bagus untuk merawat kulit tipe ini.

Gel aloe vera. (Shutterstock)Gel aloe vera. (Shutterstock)

Kulit Kombinasi

Asam Hialuronat dan Vitamin C bisa mengunci kelembaban dalam kulit tanpa membuat kulit berminyak. Selain itu kandungan ini bisa membantu mengurangi bintik hitam dan pigmentasi.

Kulit Normal

Untuk kulit normal, kandungan Phyto-Retinol dan Hyaluronic Acid sangat bagus untuk mencegah penuaan, hidrasi, dan menjaga tetap bercahaya. Pastikan memilih produk dengan tambahan bahan lain yang menyokong jenis kulit.

Comments