Yuk Kejar 'Peak Bone Mass' untuk Cegah Osteoporosis

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Yuk Kejar 'Peak Bone Mass' untuk Cegah Osteoporosis

Yuk Kejar 'Peak Bone Mass' untuk Cegah Osteoporosis

KEPONEWS.COM - Yuk Kejar 'Peak Bone Mass' untuk Cegah Osteoporosis OSTEOPOROSIS masih menjadi salah satu penyakit dengan risiko kesakitan tinggi di Indonesia. Alhasil menjaga kesehatan tulang untuk mencapai Peak Bone Mass (Puncak Masa Tulang) merupakan cara terbaik y...

OSTEOPOROSIS masih menjadi salah satu penyakit dengan risiko kesakitan tinggi di Indonesia. Alhasil menjaga kesehatan tulang untuk mencapai Peak Bone Mass (Puncak Masa Tulang) merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan semenjak dini.

Seksi Hubungan Luar Negeri PB. PEROSI, DR. dr. Rudy Hidayat, SpPD-KR, FINASIM mengatakan dalam kehidupan normal, manusia mengalami pemadatan tulang yang terjadi secara dinamis. Namun ada waktunya seseorang mencapai titik masa tulang tertentu.

Ini yang dinamakan Peak Bone Mass dan biasanya terjadi pada usia 20 atau 30 tahun. Tapi kalau pada wanita yang menopause akan lebih cepat lagi. Karena kehilangan hormon esterogen, terang dr. Rudy, dalam Talkshow Love Your Bones, Protect Your Future , Selasa (20/10/2020).

Oleh karena itu dr. Rudy mengimbau kepada masyarakat khususnya para generasi muda supaya peduli terhadap kesehatan tulang. Salah satunya dengan mengonsumsi cukup nutrisi untuk mengejar Peak Bone Mass semenjak dini.

Jadi masyarakat harus mengejar setinggi mungkin puncak massa tulang. Sehingga kalau mengalami penurunan maka penurunan massa tulangnya tidak terlalu banyak, lanjutnya.

Ia juga menyarankan masyarakat untuk memeriksa kesehatan tulang secara rajin. Alasannya adalah osteoporosis merupakan silent disease dan membutuhkan deteksi secara dini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa tulang secara umum merupakan Bone Mineral Densitometri (BMD).

Pemeriksaan umum dilakukan dengan BMD memakai sinar x tapi lebih rendah lagi lagi dari x-ray. Jadi pemeriksaan ini relatif aman untuk digunakan dan tidak ada rasa nyeri sama sekali, tuntasnya.

Manusia mengalami pemadatan tulang yang terjadi secara dinamis.

10 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

(ahl)

Comments