Yuk Ikutin, Tips Motret Gerhana Matahari Cincin dengan Smartphone

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Yuk Ikutin, Tips Motret Gerhana Matahari Cincin dengan Smartphone

Yuk Ikutin, Tips Motret Gerhana Matahari Cincin dengan Smartphone

KEPONEWS.COM - Yuk Ikutin, Tips Motret Gerhana Matahari Cincin dengan Smartphone Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock) Fenomena Gerhana Matahari Cincin akan melintasi beberapa negara termasuk Indonesia pada, Kamis (26/12/2019). Fenomena ini merupakan perisitiwa langka...

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock)

Fenomena Gerhana Matahari Cincin akan melintasi beberapa negara termasuk Indonesia pada, Kamis (26/12/2019). Fenomena ini merupakan perisitiwa langka yang harus diabadikan.

Tak perlu pakai kamera besar layaknya DSLR, Kamu juga bisa mengabadikan Gerhana Matahari Cincin dengan smartphone.

Dilansir dari laman iMore, berikut tips mengambil foto Gerhana Matahari Cincin dengan smartphone:

1. Gunakan lensa filter Matahari

Tak hanya mata, menutup lensa kamera dengan filter Matahari saat memotret Gerhana Matahari Cincin akan memberi pengguna gambaran yang jelas perihal cakram Matahari. Filter tersebut akan menghilangkan sinar yang menyilaukan.

Beberapa fotografer seluler menyarankan untuk memoret Gerhana Matahari Cincin dengan lensa polarizer. Selain itu, Kamu juga bisa memakai lensa zoom tambahan yang mempunyai total digital zoom x optical zoom mulai dari 12x hingga 18x.

2. Gunakan Tripod dan Mode Pesawat

Saat mengabadikan Gerhana Matahari Cincin, Kamu tentu tidak ingin terganggu dengan adanya getaran atau guncangan. Penggunaan tripod dapat meminimalisir guncangan dari tangan yang kurang stabil.

Ilustrasi mode pesawat pada ponsel. [Shutterstock]Ilustrasi mode pesawat pada ponsel. [Shutterstock]

Selain itu, pengguna mungkin ingin mengabadikan Gerhana melalui video time lapse. Dengan memakai mode pesawat, pengguna dapat merekam fenomena tersebut dengan tenang tanpa harus khawatir diganggu oleh telepon di tengah-tengah pembuatan video.

3. Gunakan software kamera manual

Jikalau Kamu memakai smartphone untuk mengabadikan Gerhana Matahari Cincin, maka harus memastikan gambar fokus dengan benar. Jangan mengandalkan fokus otomatis. Sebaliknya, lakukan secara manual.

Dengan memakai software ketiga seperti Halide dapat membantu pengguna memberi hasil foto Gerhana Matahari Cincin. Kamera manual memungkinkan pengguna mempunyai kontrol penuh atas pencahayaan, fokus, kontras, dan pengaturan lainnya.(Lintang Siltya Utami)

Comments