Yuk, Ikuti 11 Tips Travel Photography ini Biar Fotomu Makin Keren!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Yuk, Ikuti 11 Tips Travel Photography ini Biar Fotomu Makin Keren!

Yuk, Ikuti 11 Tips Travel Photography ini Biar Fotomu Makin Keren!

KEPONEWS.COM - Yuk, Ikuti 11 Tips Travel Photography ini Biar Fotomu Makin Keren! Kamu sering traveling tapi masih galau bagaimana sebenarnya cara-cara untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik. Kamu sering merasa bosan dengan kegiatan memotret karena merasa objeknya cuma itu-...

Kamu sering traveling tapi masih galau bagaimana sebenarnya cara-cara untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik. Kamu sering merasa bosan dengan kegiatan memotret karena merasa objeknya cuma itu-itu aja? Tunggu dulu, mungkin sebenarnya kamu belum benar-benar menguasai cara memotret untuk travel photography.

Karena itu, pelajari 11 tips berikut ini.

1. Observasi lebih dulu!

Nikmati keindahan alam atau tempat yang kamu datangi dengan mata telanjang terlebih dulu. Jangan takut kehilangan momen. Kebanyakan pejalan terlalu asyik menutupi muka dengan kamera, jadi waktu pulang yang dibawa hanyalah foto yang menumpuk, bukan pengalaman ataupun kenangan. Jadi, nikmati dan observasi lebih dulu dengan mata kita. Memotretlah setelah kamu tahu apa yang mau difoto agar tidak banyak foto yang terbuang.

2. Buat kameramu mudah dibawa

Kamera apa pun, walau cuma smartphone, harus selalu kamu bawa. Ada yang bilang, kamera terbaik ialah yang selalu ada di tanganmu. Pikirkan lagi sebelum beli kamera puluhan juta dengan puluhan megapixel, tapi beratnya puluhan kilo juga. Sekarang sudah banyak kamera berukuran kecil dan ringan yang cocok untuk jadi sahabat jalanmu.

3. Bergeraklah!

Gerakkan kakimu dan melangkahlah ke sekitar. Telusuri sudut-sudut yang jarang kamu kunjungi. Jangan berdiam di satu tempat saja, siapa tahu kamu bakal menemukan hal menarik di sekitarmu.

4. Rileks

Jangan lupakan esensi berlibur. Bersantailah dan nikmati waktumu. Jangan terburu-buru. Sapalah orang baru, kunjungi tempat yang benar-benar kamu ingin kunjungi, rasakanlah jangan hanya melihat. Kalau punya tripod atau tongsis, bawalah. Tripod bisa membuatmu lebih memikirkan wacana komposisi dan akan membuat fotomu menjadi lebih tajam.

5. Eksplor!

Carilah hal baru, tempat baru, dan angle baru. Pikirkan apa yang belum pernah difoto sebelumnya? Sekarang mungkin ada lebih dari 10 juta foto Eiffel Tower, apa perlu kita tambah lagi? Tidak, kecuali fotomu berbeda dan menarik. Jadi, jangan buang waktumu untuk sebuah foto yang sudah sering dilihat orang. Kunjungi tempat-tempat di waktu yang berbeda. Perhatikan bagaimana perubahan cahaya dan bagaimana warna bertaransformasi.

6. Ceritakan sebuah pengalaman

Ini penting dan berkaitan dengan eksplorasi kita. Kalau fotomu tidak bisa bercerita, pasti akan membosankan. Sudah terlalu banyak foto di dunia ini, apalagi di era digital di mana foto tidak bisa kedaluwarsa dan bisa di-copy dengan mudah. Ini merupakan polusi gambar. Jadi, berceritalah melalui foto meskipun hanya sebuah ide sederhana. Fotomu tentunya akan lebih menarik.

7. Komposisi

Lihatlah melalui view finder, tapi jangan mengambil foto dulu! Susun gambarmu, atur komposisinya. Rumus 1/3 ialah salah satu rumus tertua di buku fotografi. Bayangkan ada sembilan kotak di hadapanmu. Pikirkan setiap elemen dalam frame itu. Apakah itu penting atau mengganggu? Apakah itu menambahkan narasi di fotomu? Pindahkan kamera untuk melihat perubahan.

Pikirkan apakah perbedaan warna membuat suatu harmonisasi dan kalau kamu merasa warna itu mengganggu, fotolah dengan hitam-putih. Proses ini mungkin membutuhkan beberapa menit atau beberapa detik. Semakin kamu sering berpikir dengan komposisi, semakin cepat pula hal ini menjadi kebiasaan.

8. Buatlah kesalahan

Cara terbaik untuk belajar merupakan membuat kesalahan. Bereksperimen dengan setting kamera dan cobalah beragam lensa. Bermain-mainlah dengan under exposure dan over exposure. Ini bukan masalah benar dan salah. Share karyamu untuk mendapat kritik dari orang lain. Kalau karyamu dianggap buruk, cari tahu alasannya. Yang terpenting, kamu sendiri harus menyukai fotomu. Jangan hapus hasil foto yang buruk, tapi pelajarilah mengapa itu menjadi buruk (baru setelah itu boleh dihapus).

9. Berikan tantangan foto untuk dirimu sendiri

Salah satu cara terbaik untuk menggali kreativitas merupakan melawan peraturan atau memberi tantangan. Contoh, dalam satu hari cobalah memotret dengan posisi kamera selalu vertikal. Atau tantang dirimu dalam satu hari untuk memotret 36 foto-seperti di kamera film. Atau cobalah mengambil 5 foto berbeda dari objek yang sama. Tantang dirimu untuk tidak melihat LCD sampai selesai. Ini akan membantu meningkatkan skill komposisi.

10. Belajar menyukai cahaya matahari

Orang bilang, jangan memotret dengan flash sampai kamu benar-benar pandai dengan cahaya buatan. Sementara itu, manfaatkan cahaya matahari dulu. Pahami karakter cahaya, dan buatlah karakter dari situ.Perhatikan bagaimana cahaya siang hari- apakah keras, mengganggu atau berlebihan? Atau cahaya di pagi dan sore, apakah lembut dan membantu? Cahaya bisa saja memperindah subjekmu, atau justru bisa mengganggu. Cahaya matahari akan selalu berubah setiap ketika, jadi pastikan kamu memotret di waktu yang berbeda setiap harinya.

11. Tersenyum dan bersenang-senanglah!

Mengobrol dengan orang lain, tersenyum pada mereka, terutama waktu kamu memotret mereka. Kamu akan mendapat cerita yang mendalam dengan berbincang dengan orang di sekitarmu. Dengarkan cerita mereka. Bekali dirimu dengan pemikiran dari budaya setempat dan kamu akan secara otomatis menghasilkan foto yang lebih menarik.

Comments