Yayasan Bill Gates membayar hutang Nigeria sebesar 76 juta US dolar

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Yayasan Bill Gates membayar hutang Nigeria sebesar 76 juta US dolar

Yayasan Bill Gates membayar hutang Nigeria sebesar 76 juta US dolar

KEPONEWS.COM - Yayasan Bill Gates membayar hutang Nigeria sebesar 76 juta US dolar Untuk membantu usaha negara Nigeria untuk menjadi negara bebas polio, Bill dan Melinda Gates mengambil langkah yang sangat gemar memberi dengan membantu perekonomian Nigeria melalui yayasannya. Yayasa...

Untuk membantu usaha negara Nigeria untuk menjadi negara bebas polio, Bill dan Melinda Gates mengambil langkah yang sangat gemar memberi dengan membantu perekonomian Nigeria melalui yayasannya.

Yayasanya tersebut akan membayar hutang Nigeria sebesar USD 76 juta atau sekitar Rp 1 triliun lebih kepada Jepang sebagai negara yang memberikan pinjaman untuk membantu membasmi polio. Pinjaman tersebut diambil pada tahun 2014 dengan tenggat pembayaran pada awal tahun ini. Juru bicara yayasan Bill Gates memberi pernyataan bahwa mereka akan membayar hutang yang ada setelah pembagian vaksinasi penyakit polio di Nigeria sudah merata atau hingga melebihi persentasi di atas 80%. Pinjaman tersebut akan dibayarkan kembali dalam jangka waktu 20 tahun.

Kabar yang beredar menyatakan bahwa Nigeria perlahan-lahan tengah menjadi negara bebas polio. Bahkan pada tahun 2017 kemarin, tidak ditemukan kasus polio sama sekali. Berbeda jauh dengan tahun 2012, di mana Nigeria menjadi salah satu negara dengan kasus polio terbesar. Hampir sebagian masyarakat Nigeria terjangkit penyakit ini.

Nigeria juga pernah gagal meraih predikat negara bebas polio ketika pada tahun 2016 pihak WHO menemukan dua kasus polio di daerah konflik timur laut Nigeria. Pernyataan WHO tersebut menjadi kabar yang cukup memilukan karena Nigeria sudah dua tahun bebas kasus polio dan hampir dinyatakan berhasil memberantas penyakit polio.

Meski penyakit polio tidak mempunyai obat penawar, namun penyakit ini bisa dibasmi. Tidak seperti penyakit lainnya, virus polio tidak bisa hidup dalm tubuh binatang dan hanya bisa bertahan selama dua bulan diluar tubuh manusia. Cara terbaik untuk mengakhiri penyakit ini ialah dengan menyebarluaskan imunisasi secara konsisten. Namun kekacauan yang terjadi di timur laut Nigeria terus menjadi penghambat. Meskipun sudah mendapatkan bantuan dari pihak tentara, beberapa bagian daerah masih belum bisa diakses oleh petugas kesehatan sehingga beberapa anak yang beresiko terjangkit penyakit ini tidak dapat dijangkau dan mendapat pertolongan.

Campur tangan yayasan Bill Gates ini merupakan bantuan yang tepat waktu, dimana Nigeria baru saja memulihkan perekenomiannya dari resesi pertamanya yang berlangsung lebih dari dua dekade.

(del)

Comments