Yang Bikin Arab Saudi Keukeuh Tuduh Iran Serang Kilang Minyaknya

Internasional

News / Internasional

Yang Bikin Arab Saudi Keukeuh Tuduh Iran Serang Kilang Minyaknya

Yang Bikin Arab Saudi Keukeuh Tuduh Iran Serang Kilang Minyaknya

KEPONEWS.COM - Yang Bikin Arab Saudi Keukeuh Tuduh Iran Serang Kilang Minyaknya Kementerian Pertahanan Arab Saudi menunjukkan yang mereka klaim sebagai puing-puing sisa pesawat nirawak dan rudal jelajah Iran dalam serangan terhadap dua fasilitas minyak Arab akhir pekan lalu. Keme...

Kementerian Pertahanan Arab Saudi menunjukkan yang mereka klaim sebagai puing-puing sisa pesawat nirawak dan rudal jelajah Iran dalam serangan terhadap dua fasilitas minyak Arab akhir pekan lalu.

Kementerian Pertahanan Saudi mengatakan sebanyak 18 pesawat nirawak ( drone ) dan tujuh rudal diluncurkan dari arah yang bukan berasal dari Yaman.

Sebelumnya, pemberontak Houthi di Yaman, yang didukung Iran, mengatakan mereka yang melancarkan serangan sebagai balasan atas serangan udara Arab Saudi.

Iran berkali-kali membantah terlibat sekaligus memperingatkan bahwa mereka akan membalas serangan yang ditujukan kepada mereka. Namun, AS berkukuh dengan tuduhan bahwa Iran berada di balik serangan itu.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, menyebut serangan pesawat nirawak dan rudal terhadap fasilitas minyak Arab Saudi pada Sabtu (14/09) merupakan aksi perang.

Sementara Presiden AS Donald Trump mengatakan AS mempunyai "banyak pilihan" untuk meresponsnya.

"Ada opsi pamungkas, dan ada opsi yang jauh lebih sedikit dari itu," katanya.

"Dan kita akan lihat. Kita berada dalam posisi yang sangat kuat."

Apa saja temuan Saudi?

Kementerian Pertahanan Saudi memperlihatkan puing-puing dari pesawat tak berawak (UAV) dan rudal dalam jumpa pers.

Juru bicara Kementerian Pertahanan, Kolonel Turki al-Malki, mengatakan bukti menunjukkan serangan itu diluncurkan dari utara dan "tidak diragukan lagi disponsori oleh Iran".

Namun, Malki mengatakan Saudi masih "berupaya untuk mengetahui dengan tepat titik peluncuran".


Juru bicara kementerian pertahanan Turki al-Malki menyajikan peta, foto, dan video dari serangan hari Sabtu - AFP

Di antara puing-puing tersebut, terdapat benda yang disebut Kementerian Pertahanan Saudi sebagai sayap delta pesawat udara nirawak (UAV) milik Iran.

Malki mengatakan: "Data yang dipulihkan dari komputer [pada UAV] menunjukkan itu merupakan milik Iran."

Dia mengatakan bahwa 18 UAV melancarkan tembakan ke fasilitas minyak Abqaiq dan tujuh rudal jelajah telah diluncurkan ke kedua sasaran.

Empat rudal jelajah menghantam ladang minyak Khurais dan tiga lainnya jatuh dekat Abqaiq.

Malki mengatakan bahwa rudal yang diluncurkan semuanya berasal dari arah utara.


- BBC

Dia menunjukkan video satu UAV yang mengenai Abqaiq, bersama dengan peta dan foto-foto kerusakan.

Dia mengatakan wacana serangan ke lapangan minyak Khurais bahwa "dampak dari rudal jelajah menunjukkan kemampuan yang lebih canggih di luar kapasitas proksi Iran [pasukan pemberontak Houthi]".

Malki mengatakan rincian titik peluncuran belum dapat diberikan, tetapi dia mengatakan akan segera mengumumkannya begitu titik peluncuran itu ditemukan.

Dia mengatakan: "Meskipun Iran melakukan upaya terbaiknya untuk membuatnya tampak demikian, kolaborasi mereka dengan wakil mereka di daerah ini untuk membuat narasi palsu ini menjadi jelas."

Dia menyebut serangan itu "serangan terhadap komunitas internasional... Mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban atas tindakan mereka".

Pertanyaan penting yang belum terjawab

Analisis oleh koresponden pertahanan dan diplomatik BBC, Jonathan Marcus

Data grafis dan puing-puing yang disajikan dalam konferensi pers militer Saudi tidak banyak bicara perihal pertanyaan penting.

Apakah senjata yang digunakan dalam serangan terhadap instalasi minyak Saudi benar-benar ditembakkan dari wilayah Iran?

- TIME MAGAZINE

PM Kanada Justin Trudeau Ngaku Khilaf Berbuat Rasis

Kondisi di Palangkaraya pada pertengahan September 2019. - Bjorn Vaughn

Pemerintah RI Gengsi Terima Bantuan Negara Tetangga Tangani Karhutla

- FAYEZ NURELDINE/AFP/Getty

AS Bakal Kirim Pasukan ke Arab Saudi, Buntut Serangan Kilang Minyak

 Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif

Iran Siap Perang Total Kalau Sampai AS dan Arab Saudi 'Ngajak Ribut'

Reuters/H. I. Mohammed

Menlu AS ke Daerah Teluk Bahas Langkah Balasan terhadap Iran

Pemadam kebakaran, relawan, hingga warga awam bahu-membahu memadamkan api di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. - BBC News Indonesia

Usaha Relawan dan Warga Atasi Kebakaran Hutan

Yang kita dapatkan hanyalah pernyataan samar bahwa senjata-senjata itu datang dari utara.

Ada lebih banyak rincian mengenai senjata itu sendiri: sekitar 25 di antaranya merupakan campuran UAV dan rudal jelajah. Adapun rudal jelajah tersebut diidentifikasi sebagai rudal Ya-Ali buatan Iran.

Iran tampak sebagai sangat terlibat dalam seluruh urusan, tetapi penjelasannya hanya sampai di situ selagi investigasi Saudi terus berlangsung.

Para pejabat AS, yang tidak mau identitasnya dipublikasikan, tampaknya sudah yakin Iran terlibat langsung. Namun, Saudi yang tampaknya mengatur ritmenya.

Apakah ini upaya untuk memberikan waktu yang cukup untuk beradu kembali dengan Teheran? Atau apakah ini ialah bentuk manajemen krisis - membeberkan banyak hal dengan harapan bahwa eskalasi dapat dihindari?

Bagaimana reaksi Iran?

Belum ada tanggapan resmi dari Iran soal konferensi pers tersebut.

Kantor isu Irna sebelumnya melaporkan bahwa Iran mengirim nota diplomatik yang berbunyi: "Bila ada tindakan yang dilakukan terhadap Iran, tindakan itu akan segera dihadapkan pada jawaban Iran."

Kantor informasi Reuters mengutip penasihat presiden Iran yang mengatakan taklimat itu menunjukkan Arab Saudi "tidak tahu apa-apa" perihal serangan tersebut.

Seorang juru bicara pemberontak Houthi di Yaman mengatakan citra satelit itu dibuat-buat dan kerusakan fasilitas Saudi telah diciutkan.

Juru bicara militer Yahya Sarea menekankan lagi bahwa pasukan Houthi berada di balik serangan itu, dan merinci jenis dan jangkauan rudal dan drone yang bisa mereka gunakan.


Kepulan asap terlihat di fasilitas Aramco di Kota Abqaiq, Arab Saudi. - Reuters

Apa langkah selanjutnya?

Meskipun AS telah menegaskan bahwa mereka percaya Iran berada di balik serangan itu, Presiden Trump telah menunjukkan dirinya enggan terlibat dalam respons militer.

Pada Rabu (18/09) dia mengatakan "sangat mudah" untuk terlibat dalam konflik militer. Namun, menurutnya, pelajaran dari Timur Tengah membuktikan bahwa itu kemudian menjadi sulit.

Sebelum taklimat Saudi berlangsung, Trump mengumumkan bahwa ia telah menginstruksikan Departemen Keuangan untuk "meningkatkan hukuman AS secara substansial" terhadap Iran setelah serangan itu.

Trump mengatakan akan ada lebih banyak rincian dalam 48 jam. Hukuman saat ini sudah luas, yang bertujuan mengurangi ekspor minyak Iran dan melumpuhkan ekonominya.

Pompeo kemudian bertemu putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, untuk membahas taktik wacana masalah ini.

Para pakar PBB telah pergi ke Arab Saudi untuk melakukan penyelidikan atas serangan itu, ujar Sekretaris Jenderal Antonio Guterres, memperingatkan "konsekuensi yang menghancurkan" dari konfrontasi besar.


Foto satelit menunjukkan kepulan asap di fasilitas minyak Saudi di Kota Abqaiq. - Reuters

Apa latar belakang semua ini?

Abqaiq yang dikelola perusahaan minyak negara Saudi, Aramco dan ladang minyak Khurais dihantam drone dan rudal pada Sabtu (14/09) dini hari.

Pemberontak Houthi telah berulang kali meluncurkan roket, rudal, dan pesawat tanpa awak di daerah-daerah berpenduduk di Arab Saudi.

Iran ialah saingan regional Arab Saudi dan penentang AS, yang menarik diri dari perjanjian yang bertujuan membatasi program nuklir Teheran setelah Trump mengambil alih kekuasaan.

Ketegangan AS-Iran meningkat tajam tahun ini.

AS mengatakan Iran berada di belakang serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk pada Juni dan Juli, serta pada empat lainnya pada Mei. Teheran menolak tuduhan dalam kedua kasus.

Comments