Yang Baru dan Sehat di Banyuwangi, Paket Wisata Jalan Kaki

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Yang Baru dan Sehat di Banyuwangi, Paket Wisata Jalan Kaki

Yang Baru dan Sehat di Banyuwangi, Paket Wisata Jalan Kaki

KEPONEWS.COM - Yang Baru dan Sehat di Banyuwangi, Paket Wisata Jalan Kaki Banyuwangi - Menjelajahi keindahan alam Banyuwangi tak hanya dengan berkendara menggunakan fasilitas kendaraan atau bersepeda. Namun juga bisa dengan berjalan kaki.Saat ini, banyak macam tawaran paket...

Banyuwangi - Menjelajahi keindahan alam Banyuwangi tak hanya dengan berkendara menggunakan fasilitas kendaraan atau bersepeda. Namun juga bisa dengan berjalan kaki.

Saat ini, banyak macam tawaran paket wisata alternatif berkembang di Banyuwangi. Yang terbaru, di kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu berkembang paket wisata jalan kaki.

Sejumlah pelaku wisata mengembangkan paket ini dengan mengajak wisatawan dan komunitas penggemar jalan kaki untuk menyusuri sejumlah destinasi wisata.

Salah satu penggagas paket wisata ini merupakan 'Camino De Ijen.' Ide untuk membuat paket wisata alternatif ini muncul karena Banyuwangi punya banyak potensi yang sayang untuk dilewatkan.

"Selama ini kalau orang datang ke Banyuwangi, menuju destinasi yang diinginkan selalu menggunakan alat transportasi. Nah, kami coba membuat sesuatu yang beda. Kami tawarkan wisata jalan kaki selama beberapa hari di Banyuwangi," kata Koordinator Camino De Ijen, Agustina, kepada detikTravel dan sejumlah awak media, Sabtu (9/12/2017).

Dengan berjalan kaki, kata Agustina, wisatawan bisa mempunyai pengalaman baru dengan lebih mengenal budaya masyarakat, keindahan alam, maupun tradisi seni di tiap daerah yang dilintasi.

"Karena itu kami bikin trip dengan berjalan kaki di desa-desa, termasuk di sekitar Gunung Ijen, menengok aktivitas warga desa dan melewati sawah maupun perkebunan," ujarnya.

Paket wisata ini digagas oleh kelompok Camino de Ijen (Ardian/detikTravel)Paket wisata ini digagas oleh kelompok Camino de Ijen (Ardian/detikTravel)
Tak tangung-tanggung, selama empat hari, peserta diajak menyusuri daerah Banyuwangi sejauh 100 kilometer.

Pada hari pertama, peserta menempuh rute Taman Blambangan di pusat kota menuju Desa Macan Putih yang berjarak 15 Km, lalu menginap di desa tersebut.

Di hari kedua, perjalanan dilanjutkan ke Desa Banjar sejauh 25 KM. Rute dilanjutkan dari Taman Langit Desa Banjar menuju Rest Area Jambu di Desa Taman Sari dengan jarak 10 Km, yang tak jauh dari kaki Gunung Ijen. Hari terakhir, mereka mendaki Gunung Ijen.

"Awal Desember ini baru diikuti tujuh peserta, dari Sumatera dan Jakarta. Mereka daftar lewat sosmed. Saya yakin ke depan ini terus berkembang," terang dia.

"Para wisatawan ini sangat menikmati perjalanan. Mereka belajar memainkan musik tradisional, membatik, menikmati kopi uthek dan nasi lemang khas Desa Banjar saat menginap di rumah penduduk," tambah Agustina.

Sebelumnya, rombongan komunitas Sarekat Ngobong Kalori Yogyakarta juga menikmati keindahan Banyuwangi dengan berjalan kaki selama empat hari.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku takjub dengan ide-ide kreatif penggiat wisata di Banyuwangi. Tak hanya menjual keindahan alam dan budaya, rekreasi ini juga menyehatkan.

"Kami senang kreativitas terus muncul. Setelah wisata bersepeda, olahraga air, wisata budaya dan sebagainya muncul, kini ada wisata jalan kaki. Terima kasih semua pelaku jasa pariwisata, ini sangat membantu menggerakkan ekonomi warga lewat pariwisata," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Wisata jalan kaki ini senang-senang sambil menyehatkan badan. Biasanya kita ini wisata terus kulineran tidak terkontrol, tapi ini ada paket wisata jalan kaki. Luar biasa. Silakan dirasakan, ini layak dicoba," imbuh Anas.

(rdy/rdy)

Comments