Wuihh... Biak Gelar Festival Gerhana Matahari Total 2023, Catat Tanggalnya!

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Wuihh... Biak Gelar Festival Gerhana Matahari Total 2023, Catat Tanggalnya!

Wuihh... Biak Gelar Festival Gerhana Matahari Total 2023, Catat Tanggalnya!

KEPONEWS.COM - Wuihh... Biak Gelar Festival Gerhana Matahari Total 2023, Catat Tanggalnya! PEMERINTAH Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan ajang Festival Gerhana Matahari Total (GMT) sebagai salah satu rangkaian rencana menuju Sail Teluk Cenderawasih 2023. Event tersebut menurut rencana...

PEMERINTAH Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan ajang Festival Gerhana Matahari Total (GMT) sebagai salah satu rangkaian rencana menuju Sail Teluk Cenderawasih 2023. Event tersebut menurut rencana akan digelar pada 18-20 April 2023 mendatang.

"Festival GMT pertama kali digelar merupakan fenomena alam menonton dan menyaksikan kejadian gerhana di Biak," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Biak Numfor, Onny Dangeubun, seperti dikutip dari ANTARA.

Menurut Onny, Festival Gerhana Matahari Total ini mempunyai dua macam gerhana berbeda, yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam satu fenomena.

Diperkirakan penampakan GMT 2023 untuk wilayah Timur di Provinsi Papua akan terjadi pada pukul 12.20 WIT atau 10.20 WIB dan puncaknya pada 13.57 WIT atau 11.57 WIB.

Infografis Raja Ampat

Diakuinya, pada Kamis, 20 April 2023, hampir sebagian wilayah Indonesia akan dapat mengamati gerhana matahari.

Mereka yang berada di jalur totalitas berkesempatan menyaksikan salah satu pemandangan alam yang paling menakjubkan, yaitu Gerhana Matahari Total (GMT).

Jalur jalan sempit memanjang membentang melewati sejumlah daerah di Provinsi Maluku, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Papua.

Pengamatan di luar jalur ini masih dapat mengamati fenomema alam Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Follow Informasi Okezone di Google News

image

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments