Wow! Wisatawan Serbu Ambon, Pulau Banda Jadi Primadona Turis Eropa

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Wow! Wisatawan Serbu Ambon, Pulau Banda Jadi Primadona Turis Eropa

Wow! Wisatawan Serbu Ambon, Pulau Banda Jadi Primadona Turis Eropa

KEPONEWS.COM - Wow! Wisatawan Serbu Ambon, Pulau Banda Jadi Primadona Turis Eropa KEPULAUAN Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku masih menjadi primadona bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin menikmati pariwisata alam, panorama bawah laut, sejarah, seni, budaya d...

KEPULAUAN Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku masih menjadi primadona bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin menikmati pariwisata alam, panorama bawah laut, sejarah, seni, budaya dan masakan tradisional di masa pandemi Covid-19.

"Banda masih menjadi primadona wisman yang datang memakai kapal yacht, phinisi atau liver boat. Mereka bikin paket seminggu ke Kota Ambon lalu jalan-jalan ke Banda dan stay on boat," ucap Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kecamatan Banda, Rizal Bahalwan.

Menurutnya, 60 persen turis yang berkunjung ke Kepulauan Banda ialah wisman dari daerah Eropa, sedangkan 40 persen lainnya wisatawan nusantara (wisnus). Mereka yang datang umumnya pencinta wisata alam, selam, sejarah, seni, budaya dan masakan tradisional.

Potensi Luar Biasa, Pulau Banda Layak Jadi Lokomotif Pariwisata Maluku

Sempat ditutup untuk kunjungan wisata karena Covid-19, kini Banda sudah dibuka kembali oleh pemerintah setempat.

Pulau Banda, Maluku

(Foto: Instagram/@odeifan28)

Sebelum pandemi, angka kunjungan wisatawan ke Banda selalu melonjak setiap Maret, April, Oktober dan November hingga pertengahan Desember.

Saat puncak musim liburan seringkali wisatawan atau tamu dengan tujuan lainnya yang akan berkunjung harus memesan tempat menginap semenjak jauh-jauh hari, karena total kamar dengan fasilitas berkelas hotel dan penginapan lainnya seperti guest house dan homestay di Banda hanya berjumlah 300 kamar, tersebar di Pulau Naira, Hatta, Ay, Lonthoir dan Pulau Run.

Kepulauan Banda, lanjut Rizal, sudah mulai kembali ramai dikunjungi oleh wisatawan, sebagian besar merupakan wisman yang datang berlibur ke Indonesia memakai kapal pribadi mereka dengan tujuan persinggahan ke Kota Ambon.

Comments