Wow! Permata Kecubung Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Wow! Permata Kecubung Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Wow! Permata Kecubung Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Yerusalem

KEPONEWS.COM - Wow! Permata Kecubung Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Yerusalem MENAKJUBKAN, sebuah batu permata kecubung lilac (amethyst) berusia 2.000 tahun ditemukan di Yerusalem. Batu tersebut dijadikan cincin dengan ukiran burung. Dalam ukiran terdapat cabang dari tanaman ya...

MENAKJUBKAN, sebuah batu permata kecubung lilac (amethyst) berusia 2.000 tahun ditemukan di Yerusalem. Batu tersebut dijadikan cincin dengan ukiran burung.

Dalam ukiran terdapat cabang dari tanaman yang menghasilkan lima buah, demikian menurut para ahli dari City of David Foundation, yang menemukannya selama penggalian fondasi tembok barat.

Cabang yang terukir di batu itu berasal dari tanaman mahal yang digunakan untuk membuat parfum, dan disebutkan jelas dalam Alkitab dan catatan lainnya.

Kuil itu dihancurkan sekitar tahun 70 Masehi. Para ahli mengatakan, cincin ini dijatuhkan oleh seseorang ke saluran drainase dalam beberapa dekade sebelumnya.

Tanaman yang ditampilkan di atas batu warna-warni ini dikenal sebagai pohon balsam atau kesemek. Nama ilmiah tanaman tersebut ialah Commiphora gileadensis.

"Menjelang akhir periode kuil kedua, penggunaan perangko batu berkembang dan menjadi lebih umum," kata Profesor Shua Amorai-Stark, spesialis permata berukir.

Begini Wujud Lampu Minyak Langka Berusia 2.000 Tahun di Yerusalem

Yerusalem

(Foto: City of David)

"Tetapi sebagian besar perangko yang ditemukan sejauh ini dengan ukiran tanaman, seperti anggur, kurma, dan zaitun," ucap ahli permata itu.

"Kami segera menyadari bahwa buah yang muncul di batu tidak seperti buah-buahan yang kami temui sampai saat ini," lanjutnya.

Selain menghasilkan wewangian untuk Bait Suci, tanaman itu digunakan dalam produksi dupa, obat-obatan dan salep.

Menurut sejarawan Josephus, Mark Antony menghadiahkan kebun kesemek milik Raja Herodes, kepada kekasihnya, Cleopatra.

Beberapa komentator mengidentifikasi kesemek dalam daftar hadiah yang diberikan oleh Ratu Sheba kepada Raja Salomon.

Comments