WOW! Patung Buddha Berusia 800 Tahun di Kamboja Berhasil Ditemukan di Situs Warisan Dunia

Internasional

News / Internasional

WOW! Patung Buddha Berusia 800 Tahun di Kamboja Berhasil Ditemukan di Situs Warisan Dunia

WOW! Patung Buddha Berusia 800 Tahun di Kamboja Berhasil Ditemukan di Situs Warisan Dunia

KEPONEWS.COM - WOW! Patung Buddha Berusia 800 Tahun di Kamboja Berhasil Ditemukan di Situs Warisan Dunia KAMBOJA Belum lama ini, mahasiswa yang berasal dari Asia berhasil menemukan barang berharga yang tersimpan di tanah Kamboja. Penemuan ini tentunya membuat mereka merasa bangga.Empat arkeolog ya...
Loading...

KAMBOJA Belum lama ini, mahasiswa yang berasal dari Asia berhasil menemukan barang berharga yang tersimpan di tanah Kamboja. Penemuan ini tentunya membuat mereka merasa bangga.

Empat arkeolog yang berasal dari Singapura, Filipina, Indonesia, dan India itu berhasil menemukan patung Buddha berusia 800 tahun di Kamboja. Mereka berhasil menemukan barang bersejarah tersebut di sebuah situs warisan dunia UNESCO.

BERITA REKOMENDASI

Sebelum ditemukan oleh mereka, tim arkeolog dari banyak sekali negara juga pernah melakukan penggalian di tempat tersebut. Namun, kelompok internasional yang berasal dari Prancis, Jepang, dan Amerika Serikat itu, tak pernah menemukan patung tersebut setelah bekerja selama bertahun-tahun.

Wah, Artefak Nazi Ditemukan di Ruangan Rahasia

Dari lubang penggalian kecil di kompleks Rumah Sakit Tonle Snguot kuno, para siswa arkeologi itu melakukan penggalian. Salah satu mahasiswa asal Singapura, Natalie Khoo, berhasil menemukan tiga patung Buddha setinggi 800 tahun setelah melakukan penggalian selama dua hari.

Salah satu patung yang ia temukan merupakan barang yang sangat langka. Ia berhasil menemukan patung seorang Bhaisajyaguru atau orang yang menyembuhkan dan mengobati dalam Buddhisme Mahayana. Patung batu pasir itu ditemukan sekira 30 cm di tanah, dengan telapak tangannya naik, sedang menggodok bola obat.

Berdasarkan prasasti kuno, patung Bhaisajyaguru ditempatkan di 102 rumah sakit yang didirikan oleh Raja Jayavarman VII pada abad ke-12. Namun, baru patung ini yang ditemukan berada di rumah sakit.

Wow! Arkeolog Temukan Benda Bersejarah Berusia 3.500 Tahun

Menurut seorang arkeolog Lim Chen Sian, penemuan patung ini telah menjawab seluruh pertanyaan masyarakat. Selama ini, banyak pihak yang mempertanyakan apakah para raja benar-benar membangun rumah sakit ketika mereka berkuasa.

"Orang selalu bertanya apakah raja benar-benar membangun rumah sakit atau rumah untuk perhotelan, ujar Lim Chen Sian, sebagaimana diberitakan The Straits Times, Selasa (29/8/2017).

Kehadiran patung Bhaisajyaguru menunjukkan bahwa para raja telah membangun fasilitas medis.

"Kehadiran obat Buddha memperjelas bahwa dia telah membangun fasilitas medis yang sebenarnya," tuturnya.

Seorang arkeologi dari Cambridge University, Khoo, mengatakan penemuan ini merupakan sesuatu yang langka. Ia pun tak menduga patung pengobatan Buddha itu bisa ditemukan di tempat tersebut.

Nekat! Wanita Ini Hancurkan Peti Mati 800 Tahun demi Motret Anak di Museum

"Beberapa malam sebelumnya, kami melihat presentasi perihal Bhaisajyaguru dan diberi tahu bahwa tidak ada yang ditemukan di situ (tempat mereka semula berdiri) di Kamboja. Sungguh menakjubkan bahwa kami menemukannya di situs rumah sakit ini beberapa hari kemudian," jelasnya.

Menurutnya, penemuan ini bisa melestarikan patung Buddha yang ada di dunia. Pasalnya, patung-patung Buddha di situs tersebut telah dijarah. Mereka dilempar oleh masyarakat ketika kerajaan tersebut mengadopsi Hinduisme dan Buddhisme Theravada. Selama 50 tahun terakhir, sebagian besar patung yang tersisa telah dicuri dan dijual ke kolektor pribadi. (DJI)

(rfa)

WOW! Patung Buddha Berusia 800 Tahun di Kamboja Berhasil Ditemukan di Situs Warisan Dunia

Comments