Wow! Hacker 'Ramah Lingkungan' Ini Bisa Bantu Keluarga Kembalikan Mobil Mereka

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Wow! Hacker 'Ramah Lingkungan' Ini Bisa Bantu Keluarga Kembalikan Mobil Mereka

Wow! Hacker 'Ramah Lingkungan' Ini Bisa Bantu Keluarga Kembalikan Mobil Mereka

KEPONEWS.COM - Wow! Hacker 'Ramah Lingkungan' Ini Bisa Bantu Keluarga Kembalikan Mobil Mereka CALIFORNIA Jikalau Anda mengira bahwa pekerjaan hacker atau peretas selalu merepotkan atau merugikan orang lain, memang benar. Tapi tidak pada hacker yang satu ini.Dijuluki hacker ramah l...
Loading...

CALIFORNIA Jikalau Anda mengira bahwa pekerjaan hacker atau peretas selalu merepotkan atau merugikan orang lain, memang benar. Tapi tidak pada hacker yang satu ini.

Dijuluki hacker ramah lingkungan , ia telah membantu satu keluarga dapat berkumpul kembali dengan mobil kesayangan mereka.

BERITA REKOMENDASI

Mobil itu ternyata telah ditinggalkan selama berbulan-bulan setelah mereka kehilangan satu-satunya kunci yang dimiliki.

Ialah keluarga Higgins dari Surrey di Kanada yang telah menghabiskan dua bulan terakhir dengan putus asa, hanya untuk menemukan solusi agar mobil mereka kembali.

John, seorang ayah dari keluarga tersebut telah kehilangan kunci mobil ketika ia membungkuk untuk mengikat tali sepatu anaknya. Kunci yang dihilangkannya tersebut ternyata memiliki chip keamanan yang unik dan tak mungkin dapat ditiru oleh siapapun.

Keluarga tersebut awalnya mem-posting sebuah status ke Facebook dengan harapan seseorang mungkin akan membantu atau melihat kunci mereka.

"Ini ialah satu-satunya tombol pemancar RFID tiga tombol yang ada di benua ini untuk van kami. Kendaraan ini merupakan impor Jepang dengan immobilizer yang canggih, dan kuncinya memiliki chip di dalamnya yang tidak dapat diduplikasi oleh Amerika Utara," tulis salah satu keluarga Higgins dalam posting-annya.

Tak luput, ia juga memberikan hadiah USD500 untuk siapa saja yang menemukan kunci tersebut.

Setelah dua bulan menunggu dan tidak ada tanda-tanda kuncinya akan ditemukan. Seorang hacker muncul dan mengaku bisa membantu melewati fitur keamanan yang berada di kunci tersebut.

Tanpa berpikir panjang, keluarga Higgins yang putus asa pun setuju dan mobil itu dipindahkan ke tempat mekanik di mana hacker akan diberi akses ke komputer immobilizer on-board kendaraan.

"Rasanya seperti membongkar pesawat luar angkasa, ada banyak kabel. Ini lebih mirip komputer daripada mobil," kata John.

Peretas bisa menentukan chip mana yang menyimpan kode kunci dan kemudian memprogram ulang kode tersebut untuk bekerja dengan kunci baru.

Secara total, keluarga tersebut hampir menghabiskan USD5.000 untuk mendapatkan minivan mereka, dan kabarnya keluarga Higgins sedikit frustrasi karena produsen mobil itu tidak dapat membantu.

Setelah masalah ini terpecahkan, keluarga tersebut lega karena sekarang mereka memiliki dua set kunci dan akan menyimpannya dengan aman di lemari besi.

Meskipun ini ialah kasus hacker yang menggunakan pengetahuan mereka, tetapi peristiwa yang viral ini akan menjadi tren yang mengkhawatirkan bagi produsen mobil karena sistem komputer on-board akan menjadi lebih kompleks dan canggih.

Periset dari China baru-baru ini juga telah menunjukkan bagaimana mereka bisa mengendalikan rem pada mobil dari jarak jauh. Di lokasi yang berbeda, pemilik mobil lainnya mengalami peristiwa bahwa mobil mereka tidak bisa terkunci dan ini dimulai yang akan terjadi dari kekurangan pada software smartphone mobil. Demikian dilansir dari IBTimes, Selasa (15/8/2017).

Wow! Hacker 'Ramah Lingkungan' Ini Bisa Bantu Keluarga Kembalikan Mobil Mereka

Comments