Wow! DNA Serigala Jepang yang Punah 115 Tahun Silam Ditemukan pada Tubuh Anjing Ini

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Wow! DNA Serigala Jepang yang Punah 115 Tahun Silam Ditemukan pada Tubuh Anjing Ini

Wow! DNA Serigala Jepang yang Punah 115 Tahun Silam Ditemukan pada Tubuh Anjing Ini

KEPONEWS.COM - Wow! DNA Serigala Jepang yang Punah 115 Tahun Silam Ditemukan pada Tubuh Anjing Ini PENELITI menemukan kerabat liar terdekat dari serigala Jepang, yang diburu hingga punah lebih dari seabad silam. Tanpa spesimen hidup untuk sampel dikarenakan telah punah 115 tahun lalu, para peneliti...

PENELITI menemukan kerabat liar terdekat dari serigala Jepang, yang diburu hingga punah lebih dari seabad silam.

Tanpa spesimen hidup untuk sampel dikarenakan telah punah 115 tahun lalu, para peneliti mengambil materi genetik dari tulang serigala yang dipajang pada museum-museum di Eropa dan Jepang, serta dari beberapa tengkorak yang disimpan di atap sebagai jimat.

Dengan membandingkan genom spesies yang punah, yang dikenal dalam bahasa Latin sebagai Canis lupus hodophilax, dengan banyak sekali serigala modern, anjing, rubah, dan canid lainnya, para peneliti di Graduate University for Advanced Studies di Hayama, Jepang menemukan bahwa serigala Jepang muncul tepat pada saat itu. Terjadi pemisahan evolusi 20.000 hingga 40.000 tahun yang lalu.

Data menunjukkan kedua spesies itu muncul dari satu nenek moyang, yaitu populasi serigala abu-abu yang kemungkinan besar hidup di suatu tempat di Asia Timur yang keturunan selanjutya berevolusi menjadi serigala Jepang sementara yang lain berkembang menjadi anjing modern.

Ini 7 Kota Paling Ramah Anjing, Dog Lovers Wajib Tahu!

Infografis Anjing

Ahli biologi evolusi Yohey Terai, yang memimpin penelitian, mengatakan kepada majalah Science bahwa ketika dia dan timnya menyusun struktur pohon evolusi mereka, menemukan bahwa cabang yang berisi garis keturunan serigala Jepang lebih dekat dengan anjing daripada hewan lain.

Ada beberapa kawin silang sebelum 'serigala Jepang' benar-benar mencapai Jepang, karena DNA anjing Siberia berusia 9.500 tahun masih mempunyai persentase kecil dengan serigala Jepang di dalamnya.

Saat ini, Shina Ibu merupakan salah satu dari jenis anjing modern lain yang mempunyai banyak 5,5 persen DNA dengan serigala Jepang. Shina Ibu ialah anjing asli Jepang yang sudah ada semenjak zaman kuno. Anjing ini merupakan ras paling populer di Jepang yang masuk kedalam jenis anjing berukuran sedang.

Comments