World Backup Day, Ini 5 Tips Mudah dan Aman untuk Backup Semua Data

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

World Backup Day, Ini 5 Tips Mudah dan Aman untuk Backup Semua Data

World Backup Day, Ini 5 Tips Mudah dan Aman untuk Backup Semua Data

KEPONEWS.COM - World Backup Day, Ini 5 Tips Mudah dan Aman untuk Backup Semua Data Western Digital My Passport Ultra. (Western Digital) 2 dari 3 orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data berharga di smartphone. Ironisnya 1 dari 5 orang masih menganggap backup data tidaklah pe...

Western Digital My Passport Ultra. (Western Digital)

2 dari 3 orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data berharga di smartphone. Ironisnya 1 dari 5 orang masih menganggap backup data tidaklah penting untuk dilakukan.

Data tersebut didapati dari riset Western Digital pada 2019 silam dengan judul "Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey".

Apakah kamu termasuk orang yang tidak menganggap penting akan backup data penting dan berharga? Menyambut World Backup Day yang dirayakan 31 Maret, ketahuilah betapa pentingnya backup.

Dengan adaptasi kebiasaan baru bekerja dan bersekolah dari jarak jauh, perlindungan data digital semakin penting dilakukan, terutama untuk dokumen pekerjaan yang krusial.

Pastinya, tidak ada satu orang pun yang mau menghadapi mimpi buruk kehilangan proposal klien penting ataupun skripsi dan tugas kuliah hanya karena kesalahan teknis komputer atau ketumpahan air di gadget.

Western Digital My Passport. (Western Digital)Western Digital My Passport. (Western Digital)

Kehilangan perangkat elektronik memang menyebalkan, tapi kehilangan files yang berharga, seperti foto, dokumen, dan video, ini lebih sulit untuk digantikan.

Menyambut World Backup Day yang dirayakan pada tanggal 31 Maret, Western Digital mengundang semua pengguna PC dan smartphone untuk melakukan backup data berharga di semua perangkat elektronik.

Berikut ini ialah tips-tips dari Western Digital untuk mem-backup file di PC, tablet, maupun smartphone dengan aman dan mudah!

1. Atur backup data otomatis

Semakin sering kamu melakukan backup, semakin baik. Tapi jangan khawatir membuang banyak waktu, karena sekarang, ada banyak sekali solusi penyimpanan seperti cloud dan hard disk yang sudah mempunyai fasilitas backup data otomatis.

Misalnya saja, di hard disk WD My Passport dan My Passport Ultra, terdapat software WD Backup, yang memudahkan pengguna untuk menjadwalkan backup data otomatis, entah itu setiap beberapa hari, minggu, atau bulan sekali.

2. Buat pengarsipan yang rapi.

Simpan foto, video, dan dokumen-dokumen penting ke perangkat penyimpanan yang aman, seperti hard disk atau flash disk. Lalu, arsipkan semua data ini setiap 2 tahun sekali, dan jikalau memungkinkan, pindahkan semua arsip ke perangkat penyimpanan berbeda, setiap 3-5 tahun sekali.

Hal ini penting untuk meminimalisir risiko kerusakan perangkat elektronik, sehingga cadangan file bisa selalu aman, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Inilah mengapa, seiring dengan kemajuan teknologi digital, semakin diharapkan perangkat penyimpanan berkapasitas besar - apalagi bila kamu mempunyai banyak video, film, ataupun game yang membutuhkan space yang lebih besar.

3. Selalu gunakan hardware dan software yang ter-enkripsi

Pada umumnya, data atau file paling rawan untuk hilang atau disalahgunakan ketika sedang ditransfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Dengan selalu memakai hardware dan software yang ter-enkripsi, maka file kamu akan lebih aman.

Teknologi enkripsi sangat bermanfaat untuk melindungi data sensitif, termasuk berita sensitif terkait file personal atau perusahaan. Karena itulah, Western Digital juga selalu melengkapi semua perangkat penyimpanannya dengan enkripsi canggih, sehingga kamu bisa selalu tenang menyimpan banyak sekali jenis file.

4. Gunakan kata sandi.

Gunakan kata sandi agar keamanan data tetap terjaga dan terhindar dari risiko dicuri atau disalahgunakan oleh pihak lain. Untuk pengguna smartphone, Western Digital memberikan SanDisk Ultra Dual Drive Go dan SanDisk Ultra Dual Drive Luxe yang memungkinkan pengguna memindahkan file antara smartphone, tablet, dan laptop dengan USB Type-C atau Type-A.

USB on-the-go ini memudahkan pengguna dalam melakukan back-up foto, video, musik, dokumen, dan bahkan kontak yang tersimpan di handphone dengan software SanDisk Memory Zone.

Dengan SanDisk Dual Drive, kamu bisa menetapkan kata sandi rahasia untuk mengakses file-file tertentu, sehingga kamu tetap bisa membuatkan file tanpa khawatir data sensitif akan bocor ke pihak lain.

Sandisk Dual Drive Go. (Western Digital)Sandisk Dual Drive Go. (Western Digital)

5. Ingat aturan 3-2-1 untuk backup data

Ketika melakukan backup data, banyak orang yang galau, dimana sebaiknya menyimpan semua file yang dimiliki? Dimana sebaiknya menyimpan database ? Dalam hal backup data, sangatlah berisiko kalau kamu hanya menyimpannya di satu perangkat tunggal misalnya hanya di laptop. Karena, bila terjadi kerusakan, akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan data-data yang sudah hilang di perangkat tersebut.

Untuk itu, ingatlah aturan 3-2-1 untuk backup data yang lebih aman:

Kamu harus mempunyai minimal 3x salinan dataSimpan 2 salinan data di 2 lokasi yang berbedaSimpan 1 salinan data secara offline

Sebagai contoh, kamu bisa mem-back-up data ke laptop, cloud, dan smartphone, tapi pastikan untuk selalu mempunyai cadangan data di 1 perangkat yang bisa diakses secara offline, seperti hard disk. Sehingga, kamu bisa mengakses data-data kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Untungnya, banyak gadget terbaru di pasaran yang siap membantu kamu untuk melakukan backup dengan mudah. Misalnya saja, WD My Passport (USB 3.0) dan My Passport Ultra (USB Type-C) muncul dengan desain yang ramping dan nyaman, seukuran telapak tangan saja sehingga kamu bisa membawanya kemana-mana.

Saat ini, kedua perangkat ini juga telah tersedia dengan kapasitas hingga 5TB, sehingga cukup untuk menyimpan dan mengelola semua file yang kamu miliki.

Nah, setelah mengetahui cara backup yang aman dan mudah, yuk gunakan momentum World Backup Day ini untuk mulai melakukan pengarsipan dan backup data di semua perangkat kamu !

Comments