Wombat Menghasilkan Kotoran Berbentuk Persegi dan Sekarang Kita Tahu Caranya

Unik

Ragam / Unik

Wombat Menghasilkan Kotoran Berbentuk Persegi dan Sekarang Kita Tahu Caranya

Wombat Menghasilkan Kotoran Berbentuk Persegi dan Sekarang Kita Tahu Caranya

KEPONEWS.COM - Wombat Menghasilkan Kotoran Berbentuk Persegi dan Sekarang Kita Tahu Caranya Meskipun mempunyai anus bulat seperti mamalia lainnya, wombat berhidung telanjang tidak menghasilkan kotoran bulat, gulungan tubular, atau tumpukan berantakan; mereka merupakan satu-satunya makhluk di...

Meskipun mempunyai anus bulat seperti mamalia lainnya, wombat berhidung telanjang tidak menghasilkan kotoran bulat, gulungan tubular, atau tumpukan berantakan; mereka merupakan satu-satunya makhluk di Bumi yang menghasilkan kotoran berbentuk kotak.

Wombat, hewan berkantung asli dataran berumput dan hutan kayu putih di Australia, merupakan salah satu hewan yang paling menggemaskan di dunia, tetapi bagi para ahli hewan, mereka telah menjadi misteri yang sulit dipecahkan untuk waktu yang sangat lama. Dan itu semua karena kotoran mereka.

Wombat mempunyai kemampuan unik untuk menghasilkan hingga 100 kotoran berbentuk kubus yang khas setiap hari. Sekarang, para peneliti mengatakan mereka telah menemukan bagaimana usus wombat menciptakan kotoran berbentuk yang tidak biasa ini.

Para peneliti di Institut Teknologi Georgia pertama kali mulai mempelajari kemampuan wombat berhidung telanjang untuk buang air besar pada tahun 2018, dengan menganalisis saluran pencernaan wombat yang mati dalam kecelakaan mobil.

Mereka membandingkan usus marsupial dengan usus babi, dengan memasukkan balon ke dalam saluran pencernaan hewan untuk melihat bagaimana peregangannya agar sesuai dengan balon, dan menemukan daerah dengan ketebalan dan kekakuan yang bervariasi.

Para ilmuwan kemudian menciptakan model matematika 2D untuk mensimulasikan bagaimana daerah usus ini berkontraksi dan berkembang dengan ritme pencernaan, selama beberapa hari, membentuk kotoran menjadi bentuk kubusnya.

Para peneliti menemukan bahwa Daerah usus yang lebih lembut meremas perlahan dan membentuk sudut akhir kubus. Menariknya, pada kebanyakan mamalia, kontraksi otot usus terjadi ke segala arah, tetapi pada wombat, jaringan berlekuk dan kontraksi tidak teratur sehingga membentuk kotoran secara berbeda.

Wombat berhidung telanjang terkenal karena menghasilkan kotoran berbentuk kubus yang khas. Kemampuan untuk membentuk feses yang relatif seragam dan bersih ini unik di dunia hewan, kata Scott Carver, ahli ekologi satwa liar dari University of Tasmania.

Sementara penelitian ini mungkin tampak sama sekali tidak berarti, atau hanya dimaksudkan untuk memuaskan keingintahuan manusia, para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa penemuan baru ini dapat berdampak besar pada penelitian kesehatan pencernaan manusia dan teknologi manufaktur.

Saat ini kami hanya mempunyai dua metode untuk membuat kubus. Kami membentuknya, atau kami memotongnya. Sekarang kami mempunyai metode ketiga ini, kata Dr. Patricia Yang. Ini akan menjadi metode yang keren untuk diterapkan pada proses pembuatannya, bagaimana membuat kubus dengan jaringan lunak bukan hanya mencetaknya.

Sekarang misteri bagaimana wombat berhidung telanjang menghasilkan kotoran berbentuk kubus tampaknya telah terpecahkan, itu hanya menyisakan pertanyaan mengapa? .

Para ilmuwan mempunyai beberapa teori wacana ini juga. Satu menyatakan bahwa karena wombat mengambil kotoran mereka dan menumpuknya sebagai cara berkomunikasi di antara mereka, bentuk kubus membantu mereka membangun menara kotoran yang lebih tinggi.

Teori lain mengklaim bahwa karena wombat cenderung memakai kotoran mereka untuk menandai wilayah mereka pada batu dan kayu, bentuk kubus dari kotoran memastikan bahwa itu tidak akan menggelinding begitu saja. Siapa yang tahu bahwa kotoran hewan bisa sangat menarik, bukan?

Juga fakta yang menyenangkan, kotoran wombat di penangkaran tidak berbentuk persegi tepat yang ada di alam liar. Semakin persegi kotorannya, semakin sehat wombatnya. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Comments