WMO Prediksi Pola Cuaca La Nina hingga Januari

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

WMO Prediksi Pola Cuaca La Nina hingga Januari

WMO Prediksi Pola Cuaca La Nina hingga Januari

KEPONEWS.COM - WMO Prediksi Pola Cuaca La Nina hingga Januari Fenomena La Nina menjadi perhatian beberapa waktu belakangan ini. Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) memprediksi pola cuaca La Nina akan berlanjut sampai Januari. La...

Fenomena La Nina menjadi perhatian beberapa waktu belakangan ini. Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) memprediksi pola cuaca La Nina akan berlanjut sampai Januari.

La Nina akan membawa keadaan cuaca yang lebih kering dan lebih basah daripada keadaan normal pada bagian-bagian dunia yang berbeda.

Prakiraan cuaca musiman yang terbaru memberikan indikasi bahwa La Nina akan mengakibatkan kondisi yang lebih kering daripada keadaan normal di sebagian Afrika Timur sekaligus, meningkatkan curah hujan di bagian selatan Afrika.

Sementara di bagian tengah Asia akan mengalami penurunan curah hujan di bawah normal lebih dini dari biasanya.

Organisasi Meteorologi Dunia (Meteorological Organization/WMO) melaporkan bahwa sebagian dari kepulauan Pasifik dan belahan utara dari daerah Amerika Selatan akan mengalami anomali curah hujan yang signifikan sehubungan dengan peristiwa La Nina tahun ini.

La Nina ialah fenomena pendinginan air permukaan laut sepanjang pesisir pantai Pasifik pada daerah tropis Amerika Selatan, yang terjadi rata-rata setiap dua sampai tujuh tahun.

Sebagian negara dan daerah memang sangat rentan terhadap perubahan pola cuaca.

Ahli kemanusiaan WMO Gavin Iley mengatakan kepada VOA bahwa sebagian besar daerah Tanduk Afrika merupakan daerah yang dikhawatirkan. Terutama karena wilayah tersebut kerap mengalami serangan hama belalang.

Dan pada umumnya, model menunjukkan curah hujan di bawah normal untuk sebagian besar Tanduk Afrika Raya. Jadi jelas ini akan mempunyai sejumlah dampak, pada daerah seperti Somalia. Jadi kita harus selalu mengawasi penemuan terbaru, ujar Gavin.

WMO mengatakan pemerintah dapat memakai prakiraan cuaca untuk merencanakan banyak sekali cara guna mengurangi dampak buruk pada sektor yang sensitif terhadap iklim seperti pertanian, kesehatan, sumber daya air, dan manajemen bencana.

Fenomena La Nina menjadi perhatian beberapa waktu belakangan ini.

Ponsel Terkena Air Hujan, 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan

Comments