Wisata Kuliner Muslim Hui di Jalur Sutra China

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Wisata Kuliner Muslim Hui di Jalur Sutra China

Wisata Kuliner Muslim Hui di Jalur Sutra China

KEPONEWS.COM - Wisata Kuliner Muslim Hui di Jalur Sutra China Changji - Traveling ke Xinjiang, China, wisatawan bisa menikmati jejak peradaban Islam berupa wisata masakan etnis muslim Hui. Di Changji, ada pusat wisata masakan halal yang lezat.Kota Changji merupa...

Changji - Traveling ke Xinjiang, China, wisatawan bisa menikmati jejak peradaban Islam berupa wisata masakan etnis muslim Hui. Di Changji, ada pusat wisata masakan halal yang lezat.

Kota Changji merupakan kota dengan sejarah Jalur Sutra dalam perjalanan menuju Kazakhstan. Kota ini berjarak 35 km sebelah utara Urumqi, ibukota Xinjiang Uygur Autonomous Region.

detikTravel menjelajah Changji pada Minggu, (6/5/2018) bersama State Council Information Office China dan Information Office Xinjiang Uygur Autonomous Region. Changji merupakan kota dengan banyak etnis minoritas Muslim Hui.

Etnis Hui merupakan bagian dari etnis Han yang beragama Islam. Sehingga secara fisik sama dengan orang China kebanyakan, namun peci putih menjadi ciri khas mereka.

 Suasana Hui Ethnic Snacks Street (Fitraya/detikTravel) Suasana Hui Ethnic Snacks Street (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined
Changji terkenal dengan wisata masakan etnis Hui yang dijamin halal. Tidak usah repot mencarinya, semua dikumpulkan di satu daerah yang disebut Hui Zu Xuiao Chi Jie atau Hui Ethnic Snacks Street. Letaknya di sebelah People's Park, tinggal cek peta atau tanya warga.

Konsep daerah masakan ini berupa kota China zaman dahulu, ala film silat klasik. Ada gerbang kotanya dan ada dua jalanan pararel bebas kendaraan bermotor. Wah, rasanya seperti kembali ke masa silam. Dekorasi bunga menghias dinding bangunan di sini sebagai ciri arsitektur etnis Muslim Hui.

Hal ini rupanya untuk menghargai juga peristiwa sejarah pertemuan seorang pejabat dari Istana Kaisar bernama Lin Ze Xu pada abad ke-18 dengan umat muslim Hui di Changji. Ada patung Lin Ze Xu dijamu makanan oleh seorang muslim Hui. Makanya, makanan muslim Hui jadi terkenal banget enaknya.

Patung pejabat istana dijamu makanan halal etnis Hui (Fitraya/detikTravel)Patung pejabat istana dijamu makanan halal etnis Hui (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined
Di tempat ini juga ada alun-alun tempat penampilan tarian dan nyanyian dari Huar Art Troupe. Juga ada menara Pagoda yang bisa dinaiki sampai puncak, untuk memberikan pemandangan 360 derajat.

Namanya juga snack street, pilihan makanannya banyak banget. Orang-orang mengantre toko-toko makanan favorit mereka. Ada aneka cakwe dan roti-roti kecil, harum manis, gerai kopi khas China juga ada. Yang jualan bumbu tradisioonal seperti cuka China pun ada.

Jangan lewatkan mencoba Ba Bao Tea, teh tradisional Hui dengan daun teh dan 7 daun dan bunga lainnya. Wangi dan legit rasanya!

Salah satu oalahn daging ayam yang lezat (Fitraya/detikTravel)Salah satu oalahn daging ayam yang lezat (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined
Mau makanan berat ada aneka mie, olahan ayam, bebek, sapi, ikan dan jangan lewatkan makan kebab ya. Ini ialah potongan daging yang ditusuk batang besi dan penuh rempah. Wah, bikin ketagihan deh.

Tempat ini juga menyediakan beberapa toko suvenir untuk wisatawan yang mau membeli oleh-oleh. Banyak juga aneka dekorasi untuk foto-foto selfie seperti patung unta dan tentunya patung Lin Ze Xu yang sedang dijamu makan dan menyisakan bangku kosong buat turis ikut duduk di sana. Banyak yang suka foto pre wedding juga di sini.

Masuk ke daerah Hui Ethnic Snacks Street gratis kok. Jadi pastikan tempat ini masuk dalam itinerary kamu bila bertualang menyusuri Jalur Sutra di Xinjiang, China.

 Sering jadi lokasi pre wedding (Fitraya/detikTravel) Sering jadi lokasi pre wedding (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined (fay/fay)

Comments