WHO: Vaksinasi Covid-19 Tidak Akan Selesai hingga 2022

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

WHO: Vaksinasi Covid-19 Tidak Akan Selesai hingga 2022

WHO: Vaksinasi Covid-19 Tidak Akan Selesai hingga 2022

KEPONEWS.COM - WHO: Vaksinasi Covid-19 Tidak Akan Selesai hingga 2022 Jangan berharap ada cukup vaksin Covid-19 untuk kehidupan yang benar-benar normal hingga 2022. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kepala Ilmuwan Badan Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan be...

Jangan berharap ada cukup vaksin Covid-19 untuk kehidupan yang benar-benar normal hingga 2022. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kepala Ilmuwan Badan Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan belum lama ini.

Menurut laporan South China Morning Post, Swaminathan menyatakan, inisiatif Covax WHO hanya dapat mengumpulkan sekitar ratusan juta dosis pada pertengan tahun depan, yang berarti masing-masing dari sekitar 170 negara atau pelaku ekonomi yang telah bergabung mendapatkan vaksinnya.

Angka dosis tersebut sangat kecil sekali dibandingkan sasaran WHO yang mana untuk memenuhi kebutuhan seluruh dunia itu ialah 2 miliar dosis yang diperkirakan sebelumnya terlaksana pada akhir 2021.

"Banyak orang beranggapan bahwa di bulan Januari Kamu mempunyai vaksin untuk seluruh dunia dan semuanya akan mulai kembali normal," kata dia. "Sementara, prediksi kami peluncuran vaksin itu akan dimulai pada pertengahan 2021 karena di awal 2021 merupakan saat Kamu akan mulai melihat hasil dari beberapa uji cobanya," tambahnya.

Sementara itu, pemerintah China lebih proaktif dalam menentukan waktu pendistribusian vaksin Covid-19 ini. Menurut Wu Guizhen dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, orang-orang di China akan mendapatkan akses vaksin pada awal November atau Desember 2020.

Tidak mau kalah, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pun menyatakan akan sesegera mungkin mengeluarkan vaksin Covid-19. Hal ini rupanya meningkatkan kekhawatiran bahwa regulator AS mungkin tunduk pada tekanan politik dan mengeluarkan izin penggunaan darurat sebelum waktunya.

Di sisi lain, Swaminathan mengatakan bahwa WHO berencana untuk mengeluarkan pedoman wacana penggunaan darurat vaksin pada minggu depan.

Jangan berharap ada cukup vaksin Covid-19 untuk kehidupan yang benar-benar normal hingga 2022.

Yuk Bikin Odading Mang Oleh, Enak dan Nikmat

Selanjutnya

Comments