Wayang dengan Pengakuan 51 Negara Ini Digelar Kekinian

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Wayang dengan Pengakuan 51 Negara Ini Digelar Kekinian

Wayang dengan Pengakuan 51 Negara Ini Digelar Kekinian

KEPONEWS.COM - Wayang dengan Pengakuan 51 Negara Ini Digelar Kekinian Wayang Ajen akan kembali beraksi hari ini, Sabtu 17 Maret 2018. Wayang yang sangat kondang itu akan tampil di Lapang Bakti, Kota Banjar, Jawa Barat, momennya merupakan memeriahkan puncak HUT ke-15 Kot...

Wayang Ajen akan kembali beraksi hari ini, Sabtu 17 Maret 2018. Wayang yang sangat kondang itu akan tampil di Lapang Bakti, Kota Banjar, Jawa Barat, momennya merupakan memeriahkan puncak HUT ke-15 Kota Banjar.

Acara ini merupakan dukungan penuh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) melalui branding Pesona Indonesia. Pagelaran wayang Ajen akan digelar dengan cara zaman now.

Deputi Pemasaran Nusantara I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, berharap suguhan Wayang Ajen dapat meningkatkan promosi wisata di Kota Banjar dan Jawa Barat.

"Wayang Ajen juga menyajikan kearifan lokal yang dikemas dalam atraksi menarik. Sehingga, pesan moral tersampaikan secara apik dan terang oleh Dalang," kata Pitana.

Warisan Budaya, Wayang Ajen

Menurut Nana Suryana Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar, perayaan puncak HUT ke-15 Kota Banjar dibagi menjadi dua segmen. Pertama bertajuk Wisata Edukasi Anak Banjar Gemar Wayang, dihelat mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Segmen kedua, Semarak Wayang Ajen yang digelar malam hari mulai pukul 20.00 WIB.

Nana menjelaskan bahwa, wayang Ajen merupakan salah satu wayang kebanggaan tanah air yang telah diapresiasi di 51 negara. Wayang Ajen selalu menyuguhkan tampilan yang menghibur. Dan tentu saja sarat dengan nilai-nilai budaya.

"Wayang Ajen ialah kelompok seni wayang yang sudah dikenal. Karenanya, kami berkolaborasi dengan Wayang Ajen untuk mempromosikan potensi pariwisata dan budaya melalui seni pertunjukan, dan mengangkat pariwisata Banjar," ujar Nana.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Wayang Ajen bisa diterima semua kalangan. Baik orang tua maupun anak muda masa kini. Sehingga, wayang menjadi seni tontonan yang penuh tuntunan.

"Kami ingin menarik anak muda untuk melihat Wayang Ajen. Ada banyak hal yang bisa didapat dari sini," kata Menpar Arief Yahya.

 Menteri Pariwisata, Arief Yahya

Menpar Arief Yahya Arief Yahya meminta semua pihak menjaga budaya dan alam. Menurutnya, setiap daerah harus terus mengedepankan konsep 3A untuk mengembangkan pariwisata. Atraksi, amenitas, maupun akses harus terus digenjot.

Comments