Waspada! Rusia Laporkan Kasus Flu Burung H5N8 Pertama di Dunia pada Manusia

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Waspada! Rusia Laporkan Kasus Flu Burung H5N8 Pertama di Dunia pada Manusia

Waspada! Rusia Laporkan Kasus Flu Burung H5N8 Pertama di Dunia pada Manusia

KEPONEWS.COM - Waspada! Rusia Laporkan Kasus Flu Burung H5N8 Pertama di Dunia pada Manusia Para ilmuwan Rusia mendeteksi kasus pertama di dunia dari penularan jenis flu burung H5N8 dari burung ke manusia dan telah memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)....

Para ilmuwan Rusia mendeteksi kasus pertama di dunia dari penularan jenis flu burung H5N8 dari burung ke manusia dan telah memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Anna Popova, kepala pengawas kesehatan Rusia Rospotrebnadzor, mengatakan para ilmuwan di laboratorium Vektor telah mengisolasi materi genetik strain dari tujuh pekerja di sebuah peternakan unggas di Rusia selatan, di mana wabah tercatat di antara burung-burung tersebut pada Desember.

Walau begitu, para pekerja tidak menderita konsekuensi kesehatan yang serius dan diyakini tertular virus dari unggas di peternakan.

"Berita wacana kasus pertama penularan flu burung (H5N8) di dunia ke manusia telah dikirim ke Organisasi Kesehatan Dunia," kata Popova, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (23/2/2021).

Dijual Rp7 Miliar, Ada PS5 Bersalut Emas, Karbon, dan Dibungkus Kulit

ilustrasi WHO. (Hector Christiaen / Shutterstock.com)ilustrasi WHO. (Hector Christiaen / Shutterstock.com)

Strain H5N8 diketahui sangat menular dan mematikan bagi burung serta belum pernah dilaporkan telah menyebar ke manusia.

"Penemuan mutasi ini ketika virus belum mempunyai kemampuan untuk menularkan dari manusia ke manusia memberi kita semua waktu untuk bersiap menghadapi kemungkinan mutasi dan bereaksi dengan cara yang memadai serta tepat waktu," ucap Popova.

WHO telah mengonfirmasi bahwa telah diberitahu Rusia wacana perkembangan tersebut.

"Kami sedang berdiskusi dengan otoritas nasional untuk mengumpulkan lebih banyak berita dan menilai dampak kesehatan masyarakat. Jikalau dikonfirmasi, ini akan menjadi pertama kalinya H5N8 menginfeksi manusia," kata seorang juru bicara WHO.

WHO menekankan bahwa laporan tersebut mencakup para pekerja Rusia yang tidak bergejala dan tidak ada penularan lanjutan dari manusia ke manusia.

Bule Rusia Diusir dari Bali Habis Bebas Penjara dari Lapas Bangli

Seseorang dapat tertular virus flu burung dan babi, seperti subtipe flu burung A (H5N1) dan A (H7N9) serta subtipe flu babi seperti A (H1N1).

Comments