Waspada Osteoporosis Bikin Penderita Rentan Alami Patah Tulang

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Waspada Osteoporosis Bikin Penderita Rentan Alami Patah Tulang

Waspada Osteoporosis Bikin Penderita Rentan Alami Patah Tulang

KEPONEWS.COM - Waspada Osteoporosis Bikin Penderita Rentan Alami Patah Tulang OSTEOPOROSIS masih menjadi tantangan besar bagi masyarakat Indonesia. Masih banyak masyarakat yang kurang peduli akan kesehatan tulang, padahal kondisi ini dapat menyebabkan risiko yang parah di kemud...

OSTEOPOROSIS masih menjadi tantangan besar bagi masyarakat Indonesia. Masih banyak masyarakat yang kurang peduli akan kesehatan tulang, padahal kondisi ini dapat menyebabkan risiko yang parah di kemudian hari.

Seksi Hubungan Luar Negeri PB. PEROSI, DR. dr. Rudy Hidayat, SpPD-KR, FINASIM memaparkan bahwa osteoporosis ialah kondisi di mana kepadatan suatu tulang dalam tubuh menjadi menurun. Alhasil tulang tersebut akan mengalami kerentanan sehingga patah dan faktur.

Kalau tulangnya terbentur maka bisa patah bagi pasien osteoporosis. Penurunan kepadatan ini tidak menimbukan gejala, tapi kalau sudah patah baru menyebabkan masalah yang sangat besar, terang dr. Rudy dalam Talkshow Love Your Bones, Protect Your Future , Selasa (20/10/2020).

Alhasil dr. Rudy menyarankan masyarakat untuk sebisa mungkin melakukan pencegahan semenjak dini sebelum tulang menjadi patah. Alasannya adalah kalau pengidap osteoporosis mengalami patah tulang, maka akan mempunyai risiko kesakitan yang sangat tinggi.

Pencegahan harus dilakukan sebelum patah ketimbang melakukan pengobatan setelah patah. Karena biayanya lebih mahal dan mempunyai risiko kesakitan yang parah juga, lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, dr. Rudy juga memaparkan perihal bagian tulang pada tubuh pengidap osteoporosis yang sangat rentan patah. Terdapat setidaknya tiga tulang yang harus diwaspadai terlebih saat terkena benturan atau terjatuh.

Tulang yang paling sering patah karena osteoporosis ialah tulang belakang. Orangtua mulai pemendekan dan mulai bungkuk ini merupakan gejala osteoporosis. Tulang panggul rentan patah karena jatuh. Yang terakhir ialah pergelangan tangan karena jatuh dan menahan badan, tuntasnya.

Osteoporosis masih menjadi tantangan besar bagi masyarakat Indonesia.
(Foto: KlikDokter)

6 Manfaat Mengonsumsi Selada yang Perlu Kamu Ketahui

(ahl)

Comments