Waspada, Muncul Garis di Kuku Dianggap Gejala Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Waspada, Muncul Garis di Kuku Dianggap Gejala Covid-19

Waspada, Muncul Garis di Kuku Dianggap Gejala Covid-19

KEPONEWS.COM - Waspada, Muncul Garis di Kuku Dianggap Gejala Covid-19 PROFESOR Tim Spector, peneliti utama dari software Zoe Covid Symptom Study, membagikan foto 'Kuku Covid-19' di linimasa sosmed Twitter belum lama ini. Menurut dia, ada perbedaan kondisi kuku pada pasi...

PROFESOR Tim Spector, peneliti utama dari software Zoe Covid Symptom Study, membagikan foto 'Kuku Covid-19' di linimasa sosmed Twitter belum lama ini. Menurut dia, ada perbedaan kondisi kuku pada pasien covid-19 dan ini bisa digunakan untuk mengenali adanya virus SARS-CoV2 pada tubuh seseorang. Kondisi kuku seperti apa yang dicurigai?

Menurut Profesor Spector, kuku yang mempunyai garis yang jelas menandakan infeksi penyakit mulai berkembang di tubuh seseorang. Jadi, garis itu biasa disebut dengan Beau, lekukan horizontal yang muncul di permukaan kuku dan kemunculannya dapat dikaitkan dengan gangguan pertumbuhan kuku karena cedera atau penyakit tertentu.

Covid-19 India Menggila, Anak Muda yang Meninggal Semakin Banyak

Pernyataan Profesor Spector diperkuat dengan adanya laporan kasus yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan yang mencatat terjadinya fenomena ini di beberapa tempat.

Misalnya saja laporan seorang pria berusia 45 tahun mengadukan kemunculan garis horizontal di kuku tangan dan kakinya setelah sekira 3,5 bulan yang lalu didiagnosis positif covid-19.

lustrasi virus corona atau covid-19. (Foto: Shutterstock)

Dokter Tanya Bleiker, presiden British Association of Dermatologist, mengatakan kepada HuffPost bahwa dokter kulit juga menyaksikan hal ini pada pasien covid-19 lainnya.

"Kondisi kemunculan garis di kuku sudah lama dikenal di dunia medis dengan istilah 'garis Beau' dan merupakan lekukan melintang di beberapa kuku, baik itu kuku jari tangan maupun kuku kaki," katanya.

3 Varian Covid-19 Masuk Indonesia, Ini Pesan Jubir Vaksinasi

Lekukan ini muncul di kuku antara 2 atau 3 minggu setelah infeksi mulai merusak tubuh. "Kondisi ini tidak berbahaya dan tumbuh seiring waktu," terang dr Bleiker.

Penting untuk dicatat bahwa garis Beau tidak melulu soal covid-19, karena banyak kondisi kesehatan juga ditandai dengan kemunculan garis di kuku, terutama stress berat pada kuku, eksim, malnutrisi parah, penyakit raynaud, hipertensi, epilepsi, gaga; ginjal, penyakit Kawasaki, dan karena kemoterapi.

Comments