Waspada Hepatitis, Ini Cara Tepat Pencegahannya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Waspada Hepatitis, Ini Cara Tepat Pencegahannya

Waspada Hepatitis, Ini Cara Tepat Pencegahannya

KEPONEWS.COM - Waspada Hepatitis, Ini Cara Tepat Pencegahannya TIDAK banyak masyarakat kita yang menyadari bahwa hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit menular yang mematikan. Baik itu hepatitis A, B ataupun C. Faktanya di lapangan, penyakit yang dapat men...

TIDAK banyak masyarakat kita yang menyadari bahwa hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit menular yang mematikan. Baik itu hepatitis A, B ataupun C. Faktanya di lapangan, penyakit yang dapat menyerang bayi, anak-anak hingga orang dewasa ini bisa dibilang begitu merugikan negara.

Sederet upaya pun telah dicoba dilakukan pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan. Mulai dari mensosialisasikan faktor resiko penyakit di 34 Provinsi. Melakukan imunisasi rajin Hepatitis B0 pada bayi baru lahir di 34 Provinsi, program deteksi dini, hingga pengobatan Hepatitis C dengan obat DAA (Direct Acting Antiviral) di 15 Provinsi.

Dalam upaya mengeliminasi penyakit menular satu ini, seperti yang dijelaskan oleh dr.Wiendra Waworuntu,M.Kes selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, walau upaya pengendalian hepatitis di Indonesia yang dilakukan semenjak 2016 hingga Juni 2019 sudah ada pencapaian.

Hepatitis

Namun tetap ada tantangan yang dihadapi oleh pemerintah, Kemenkes dalam mengeliminasi penyakit yang bahkan disebutkan bisa merugikan negara hingga bermiliar-miliar rupiah ini.

Tantangan pertama yang dihadapi ialah soal tingkat kesadaran akan masyarakat terhadap penyakit hepatitis ini sendiri, atau dengan kata lain tingkat awareness yang kurang terutama di kalangan ibu hamil.

Awareness dari masyarakat, terutama ibu hamil. Ini jadi prioritas, karena paling berat resikonya yang B. Maka dari itu kita ingin memutuskan rantai penularan dari ibu ke anak. Mungkin enggak tahu ada program ini, salah satunya bisa karena penyebaran berita yang tidak merata. Indonesia sudah punya vaksin Hepatitis B, tapi ternyata sekedar itu saja enggak cukup, ungkap dokter Wiendra saat dijumpai Okezone, Senin (22/7/2019) dalam acara Temu Media Eliminasi Hepatitis Selamatkan Generasi Penerus Bangsa , di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selanjutnya

Comments