Waspada, Detak Jantung dan Tekanan Darah Bisa Meningkat saat Terjebak Macet!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Waspada, Detak Jantung dan Tekanan Darah Bisa Meningkat saat Terjebak Macet!

Waspada, Detak Jantung dan Tekanan Darah Bisa Meningkat saat Terjebak Macet!

KEPONEWS.COM - Waspada, Detak Jantung dan Tekanan Darah Bisa Meningkat saat Terjebak Macet! Untuk sebagian besar orang yang tinggal di kota besar, terjebak macet merupakan hal yang kerap terjadi, apalagi di jam-jam sibuk. Lalu, apa dampak terjebak macet terhadap tubuh Kamu? Studi perihal mac...

Untuk sebagian besar orang yang tinggal di kota besar, terjebak macet merupakan hal yang kerap terjadi, apalagi di jam-jam sibuk. Lalu, apa dampak terjebak macet terhadap tubuh Kamu?

Studi perihal macet terhadap tubuh pernah dilakukan profesor psikofisiologi Liverpool John Moores University, Inggris, Stephen Fairclough yang dipublikasikan pada 2014. Penelitian tersebut memang dilakukan pada saat-saat jam sibuk, di mana banyak orang yang terjebak macet di Inggris.

Peneliti ingin melihat efek lagu terhadap kerja jantung. Rupanya lagu punya pangaruh terhadap ketenangan.

"Ketika ketika terjebak dalam kemacetan lalu lintas, muncul kecemasan tidak bisa sampai tujuan tempat waktu. Pada saat itu, kita tidak hanya merasa stres atau marah," kata Stephen.

"Ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh saat macet, seperti peningkatan detak jatung dan tekanan darah," katanya lagi seperti mengutip laman Psychology Today, Senin (10/6/2019).

terjebak macet

Setelah melakukan penelitian kemudian menganalisis, Stephen menemukan bahwa musik benar-benar mempunyai pengaruh menenangkan pengemudi.

"Hasil penelitian menunjukkan, pengemudi yang mendengarkan musik-musik proaktif atau keras atau sama sekali tidak mendengarkan musik, mengalami kenaikan tekanan darah ketika macet," tutur Stephen.

Pada pengemudi yang mendengarkan lagu-lagu menenangkan, efeknya berbeda. Mereka lebih tenang saat mengemudi. Jadi, tidak ada salahnya Kamu mendengarkan musik yang nyaman di indera pendengaran bila terjebak macet. Musik smooth jazz atau soft rock atau genre lain kesukaan Kamu bisa diputar

(hel)

Comments