Waspada! Beredar Smartphone Palsu Samsung dan Huawei Dijual di AliExpress

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Waspada! Beredar Smartphone Palsu Samsung dan Huawei Dijual di AliExpress

Waspada! Beredar Smartphone Palsu Samsung dan Huawei Dijual di AliExpress

KEPONEWS.COM - Waspada! Beredar Smartphone Palsu Samsung dan Huawei Dijual di AliExpress Ilustrasi smartphone Samsung. (Samsung) Penjualan smartphone palsu dari hari ke hari memang sulit ditangani. Biasanya oknum satu ini memanfaatkan banyak cara untuk melakukan prakter curangnya. Yang t...

Ilustrasi smartphone Samsung. (Samsung)

Penjualan smartphone palsu dari hari ke hari memang sulit ditangani. Biasanya oknum satu ini memanfaatkan banyak cara untuk melakukan prakter curangnya. Yang terbaru, smartphone palsu dari brand Samsung dan Huawei dilaporkan dijual di AliExpress.

Ialah sebuah perusahaan bernama Kimtien yang diketahui menjual smartphone palsu bermerek Samsung dan Huawei di website retail AliExpress.

Beberapa perangkat smartphone yang dijual dari keluarga Samsung merupakan Samsung Galaxy Note 10 Plus. Cukup cerdik, Kimtien mengubah nama perangkat tersebut menjadi Kimtien Note Plus.

Secara spesifikasi dan bentuk, Kimtien Note Plus ini mempunyai tampilan yang sangat mirip dengan perangkat anyar keluaran Samsung, Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Melansir dari Gizmochina, smartphone palsu ini terasa lebih menarik karena dibanderol dengan harga yang relatif murah dari perangkat anyarnya.

Samsung Galaxy Note 10 Plus. (Samsung)Samsung Galaxy Note 10 Plus. (Samsung)

Berdasarkan harga yang dipampang, deretan smartphone palsu ini dijual dengan harga seperlima atau bahkan 20 persen dari produk aslinya.

Penyebab harga smartphone palsu ini jauh lebih murah karena bahan yang digunakan untuk membuat perangkat serta spesifikasinya yang jauh lebih rendah dari smartphone asli.

Contohnya, bila Samsung Galaxy Note 10 Plus mengandalkan chipset Snapdragon 855 dari Qualcomm, smartphone palsu Kimtien ini mengandalkan chipset dari keluarga MediaTek.

Selain Samsung, Huawei juga kena imbas dari aksi pemalsuan smartphone ini. Salah satu perangkat Huawei yang dipalsukan merupakan Huawei Mate 30 Series.

Huawei Mate 30 Pro. (Huawei)Huawei Mate 30 Pro. (Huawei)

Cukup meresahkan, penyelidikan mengenai smartphone palsu yang muncul di AliExpress ini segera dilakukan penanganannya.

Namun yang pasti, produk smartphone palsu ini berasal dari Tiongkok dan kemungkinan merupakan perusahaan yang berasal dari salah satu negara di Asia Tenggara.

Tidak diketahui dengan pasti mengenai apa yang akan AliExpress lakukan untuk penanganan smartphone palsu di situsnya ini. Lebih lanjut, perlu ada kewaspadaan yang tinggi bagi calon pembeli sebelum kemudian membeli perangkat smartphone di AliExpress.

Comments