Waspada! Banyak Orang Tanpa Gejala Tapi Bisa Menularkan Difteri

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Waspada! Banyak Orang Tanpa Gejala Tapi Bisa Menularkan Difteri

Waspada! Banyak Orang Tanpa Gejala Tapi Bisa Menularkan Difteri

KEPONEWS.COM - Waspada! Banyak Orang Tanpa Gejala Tapi Bisa Menularkan Difteri Sudah menjadi kejadian luar biasa (KLB), penyakit difteri yang sedang mewabah ini juga bisa menyebabkan komplikasi dan kematian. Namun bila ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa disembuhkan. Difte...

Sudah menjadi kejadian luar biasa (KLB), penyakit difteri yang sedang mewabah ini juga bisa menyebabkan komplikasi dan kematian.

Namun bila ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa disembuhkan.

Difteri ialah penyakit yang menyerang saluran napas atas dan kulit yang akan terjadi bakteri Corynebacterium diphtheriae.

Kuman difteri menyebar melalui percikan air liur di udara, misalnya bersin dan batuk, sehingga amat mudah menular. Jadi, pasien difteri harus diisolasi.

"Isolasi juga bertujuan untuk membuat pasien tidak tertular infeksi lain sehingga daya tahan tubuhnya menguat," kata Dr.dr.Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), ahli infeksi tropik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Tangis Pilu Artis-artis SM Town Mengantar Jonghyun SHINee ke Peristirahatan Terakhir

Menurut dokter yang akrab disapa Hinki ini, difteri mematikan karena bakteri penyebabnya akan menghasilkan toksin dan membentuk membran putih tebal di tenggorokan atau amandel.

"Membran putih itu dalam beberapa hari akan menutup saluran napas sehingga pasien sesak. Kalau terus turun ke saluran napas bawah, pasien makin susah bernapas sehingga harus dilubangi lehernya untuk memberi jalan napas," kata Hinki.

Racun difteri juga dapat terus menyebar ke jantung dan saraf melalui peredaran darah, sehingga menimbulkan kematian.

Kondisi RSPI Sulianti Saroso, Senin (11/12/2017). Rumah sakit ini menjadi rujukan perawatan pasien difteri yang saat ini berstatus Kejadian Luar Biasa.

Waspada! Banyak Orang Tanpa Gejala Tapi Bisa Menularkan Difteri

Comments