Waspada: Avast Temukan 47 Aplikasi Iklan Tersembunyi di Play Store

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Waspada: Avast Temukan 47 Aplikasi Iklan Tersembunyi di Play Store

Waspada: Avast Temukan 47 Aplikasi Iklan Tersembunyi di Play Store

KEPONEWS.COM - Waspada: Avast Temukan 47 Aplikasi Iklan Tersembunyi di Play Store Ilustrasi Play Store. (Shutterstock) Sebanyak 47 Software di Play Store ditemukan memuat iklan tersembunyi, hal ini diumumkan Avast pada laman resminya Minggu (28/6/2020) Deretan software berselimut...

Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

Sebanyak 47 Software di Play Store ditemukan memuat iklan tersembunyi, hal ini diumumkan Avast pada laman resminya Minggu (28/6/2020)

Deretan software berselimut iklan ini sudah diunduh oleh lebih dari 15 juta pengguna Android.

Analis Threat Avast, Jakub V vra, mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan HiddenAds di dalam 47 software yang menunjukkan game dan konten yang menghubungkan pengguna ke laman tertentu.

Dalam praktiknya, pengguna akan diminta untuk memberikan izin pengunduhan software yang membawa iklan tersembunyi. Baru setelah terpasang, iklan yang tadinya tidak terlihat langsung muncul di layar ponsel pengguna.

Parahnya, iklan itu semakin mengganggu karena akan tetap muncul meskipun pengguna tidak membuka software yang telah diunduhnya itu.

Jakub V vra menyebut, iklan itu memang tidak berbahaya karena tidak membawa malware. Hanya, frekuensi iklan yang sering muncul bisa menguras baterai ponsel. Kerugian kedua bagi pengguna, tentunya rasa jengkel karena iklan bermunculan secara terus-menerus.

Aplikasi Antivirus dan Keamanan Terbaik Android, Avast Antivirus. [Google Play Store]Software Antivirus dan Keamanan Terbaik Android, Avast Antivirus. [Google Play Store]

Parahnya lagi, sebagian software sulit dihapus atau di uninstall oleh pengguna karena ikon software mereka langsung tersembunyi.

Temuan ini pun sudah dilaporkan Avast kepada pihak Google. Tetapi baru bisa membasmi 30 software saja, sementara iti 17 software sisanya masih ada di Play Store. (Tivan Rahmat)

Comments