Warga Glodok Minta Puskesmas Dibangun di Jalan Kemurnian 9, Kasudinkes: Lahan Belum Tercatat di BPAD

Nasional

News / Nasional

Warga Glodok Minta Puskesmas Dibangun di Jalan Kemurnian 9, Kasudinkes: Lahan Belum Tercatat di BPAD

Warga Glodok Minta Puskesmas Dibangun di Jalan Kemurnian 9, Kasudinkes: Lahan Belum Tercatat di BPAD

KEPONEWS.COM - Warga Glodok Minta Puskesmas Dibangun di Jalan Kemurnian 9, Kasudinkes: Lahan Belum Tercatat di BPAD TAMANSARI Sejumlah warga yang menolak pembangunan Puskesmas Glodok, mempertanyakan mengapa pemerintah tidak memanfaatkan lahan kosong lain di Kelurahan Glodok alih-alih mengalihfungsikan lapangan...

TAMANSARI Sejumlah warga yang menolak pembangunan Puskesmas Glodok, mempertanyakan mengapa pemerintah tidak memanfaatkan lahan kosong lain di Kelurahan Glodok alih-alih mengalihfungsikan lapangan Kebon Torong yang masih aktif digunakan.

Lahan tersebut diketahui ada di Jalan Kemurnian 9, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. Tepatnya, di belakang hotel Novotel.

"Kan ada tempat lain di belakang Novotel (Jalan Kemurnian 9), alasannya cuma satu, 'kurang' (luas) dibilang," kata Andy saat ditemui di Lapangan Kebon Torong, Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (30/5/2023).

"Sekarang saya mau tanya, lebarnya kurang. Oke. Kenapa tidak dibangun ke atas? kenapa enggak ditingkatin ke atas lima lantai, enam lantai, itu lebih cukup memadai," lanjutnya.

Kasudinkes Jakbar Sebut Puskesmas Terbuka Jadi Solusi Warga yang Tolak Pembangunan Puskesmas Glodok

Namun, apabila alasannya karena tidak bisa dilewati kendaraan besar seperti ambulans atau truk pengangkut sampah, Andy bersaksi bila jalanan menuju lokasi itu mumpuni.

Lapangan Kebon Terong yang akan difungsialihkan menjadi Puskesmas Glodok, Jakarta BaratLapangan Kebon Torong yang akan difungsialihkan menjadi Puskesmas Glodok, Jakarta Barat (Wartakotalive/Nuri Yatul Pesan yang tersirat)

Bahkan menurutnya, ada tempat di belakang Novotel yang bisa dimanfaatkan untuk parkir mobil.

Tak main-main, dirinya menyebut jikalau tempat parkir itu bisa menampung hingga 1.000 mobil.

"Oh alasannya karena enggak bisa dilewati truk? Saya lihat ada truk pengangkut sampah ngangkut pasir di sana bisa. Parkir 1.000 mobil juga bisa, tidak terganggu di sini," kata Andy.

Menurutnya, jikalau pemerintah tetap membangun puskesmas di Lapangan Kebon Torong yang lokasinya dekat dengan pemukiman warga, maka warga sekitar mungkin kesulitan memarkirkan mobilnya sendiri karena akses jalan yang sempit.

Pembangunan Puskesmas Glodok Sempat Ditolak Warga, Wali Kota Uus: akan Dibuat Puskesmas Terbuka

"Coba bayangkan ini rumah mendadak nanti ada ambulans yang datang pengobatan, kan enggak bisa larang. Satu rumah aja misalnya mobil dua, masuknya agak sulit," ujar dia.

Ditambah lagi, lanjur Andy, Lapangan Kebon Torong merupakan satu-satunya fasilitas umum di wilayah Jakarta Barat yang masih aktif digunakan.

Sehingga menurut dia, bukan maksud warga menolak rencana pemerintah.

Warga menyetujui rencana pembangunan tersebut, hanya saja meminta agar lokasinya di Jalan Kemurnian 9, bukan di Lapangan Kebon Torong.

"Untuk apalagi? sekarang saya bilang masalah baru yang sudah ada, jangan bikin lagi masalah lebih baru lagi. Novotel itu masuknya Kelurahan Glodok," kata dia.

Comments