Warga Denmark Ini Jadi Warga Asing Pertama, Yang Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman

Internasional

News / Internasional

Warga Denmark Ini Jadi Warga Asing Pertama, Yang Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman

Warga Denmark Ini Jadi Warga Asing Pertama, Yang Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman

KEPONEWS.COM - Warga Denmark Ini Jadi Warga Asing Pertama, Yang Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman Warga Denmark Ini Jadi Warga Asing Pertama, Yang Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman Warga Denmark Claus Ruhe Madsen hari Minggu (16/07) memenangkan pemilihan untuk menjadi wali kota Rostock, kota di Je...
Loading...
Warga Denmark Ini Jadi Warga Asing Pertama, Yang Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman

Warga Denmark Claus Ruhe Madsen hari Minggu (16/07) memenangkan pemilihan untuk menjadi wali kota Rostock, kota di Jerman utara. Dia menjadi warga asing pertama di Jerman yang menduduki jabatan itu.

Claus Ruhe Madsen bukan anggota partai. Dia calon independen yang didukung oleh partai Kanselir Jerman Angela Merkel, CDU. Dalam pemilu putaran kedua akhir pekan lalu, dia berhasil mengumpulkan sekitar 57 persen suara, mengalahkan kandidat Partai Kiri die Linke, yang mengumpulkan 43 persen suara.

Pencalonan pengusaha berusia 46 tahun itu memang sempat jadi gosip utama, tidak hanya di Jerman. Pada pemilu putaran pertama, dia berhasil mengumpulkan suara terbanyak, mengalahkan 7 kandidat lain.

Berusia 100 Tahun, Wanita Asal Jerman Terpilih Duduki Kursi Dewan Kota

Sudah lama tinggal di Jerman

Claus Ruhe Madsen berasal dari Kopenhagen dan sudah tinggal di Jerman semenjak 1992. Dia sudah tinggal di Rostock semenjak usia 21 tahun. Sebelum menjadi wali kota, dia sudah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Rostock selama enam tahun. Di Rostock dia punya lima toko mebel yang dikelola bersama istrinya.

Claus Ruhe Madsen menyebut dirinya sebagai warga Rostock. "Saya warga Eropa dan warga Rostock," katanya dalam sebuah wawancara radio. "Saya ialah warga Rostock, juga tanpa paspor Jerman", tandasnya.

Rostock merupakan kota kecil yang dulu terletak di wilayah Jerman Timur, sekarang mempunyai populasi sekitar 210 ribu penduduk. Selama kampanye, Claus Ruhe Madsen mengangkat tema lingkungan, ekonomi dan digitalisasi. Ternyata banyak pemilih yang tertarik dengan tema-tema itu dan memilih warga Denmark tersebut.

Produk Mebel Indonesia Digemari di Pasar Eropa

Warga asing bisa jadi wali kota?

Aturan Uni Eropa dari tahun 1994 memang memungkinkan seorang warga asing menjadi wali kota. Menurut aturan itu, seorang warga Uni Eropa punya hak pilih aktif dan pasif di daerah tempat dia tinggal, artinya pada pemilihan tingkat komunal, dengan hak-hak yang sama yang dinikmati warga negara di negara tersebut.

Itu sebabnya, seorang warga Denmark bisa saja mencalonkan diri menjadi wali kota di sebuah kota Jerman, asal saja dia memang tinggal di kota itu. Tetapi aturan itu bukan suatu kewajiban bagi negara anggota. Artinya, ada negara Uni Eropa yang menerapkan, ada juga yang tidak.

Beberapa anggota Uni Eropa, seperti Inggris, Prancis, Italia dan Bulgaria misalnya tidak mengizinkan warga asing menduduki jabatan tertinggi di sebuah kota, jadi tidak bisa menjadi walikota. Tetapi warga asing bisa dipilih menjadi anggota parlemen lokal atau menduduki jabatan penting di pemerintahan lokal.

Di Jerman, hanya Negara Bagian Bayern yang tidak mengijinkan warga asing menjadi walikota. Di semua negara bagian yang lain di Jerman, warga asing boleh mencalonkan diri untuk pemilihan walikota.

Tetapi jikalau Claus Ruhe Madsen sekali waktu ingin menjadi Kanselir atau Presiden Jerman, dia harus punya paspor Jerman, karena hanya warga negara Jerman yang bisa menduduki jabatan tertinggi itu. (hp/ae)

Comments