WALK & WOK: 3 Rekomendasi Kuliner Enak Wajib Anda Cicipi saat Mudik Lebaran ke Solo

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

WALK & WOK: 3 Rekomendasi Kuliner Enak Wajib Anda Cicipi saat Mudik Lebaran ke Solo

WALK & WOK: 3 Rekomendasi Kuliner Enak Wajib Anda Cicipi saat Mudik Lebaran ke Solo

KEPONEWS.COM - WALK & WOK: 3 Rekomendasi Kuliner Enak Wajib Anda Cicipi saat Mudik Lebaran ke Solo KEBUDAYAAN Solo memang selalu menarik perhatian para wisatawan. Tidak hanya itu, beberapa masakan tradisional kota ini juga sudah mulai dikenal di kalangan wisatawan mancanegara. Tentu saja karena cit...

KEBUDAYAAN Solo memang selalu menarik perhatian para wisatawan. Tidak hanya itu, beberapa masakan tradisional kota ini juga sudah mulai dikenal di kalangan wisatawan mancanegara. Tentu saja karena cita rasanya yang gurih, lezat, dan menggugah selera.

Nah, kalau libur Lebaran ini Anda memutuskan untuk berlibur ke Kota Solo, berikut rekomendasi masakan tradisional yang wajib Anda cicipi, sebagaimana dikutip Okezone dari siaran pers Ezytravel.

Nasi Liwet


Nasi Liwet (Sego Liwet) merupakan masakan khas Kota Solo yang selalu diburu oleh para pencinta masakan. Nasi Liwet terdiri dari nasi putih dengan rasa gurih dilengkapi dengan sayur labu siam, suwiran ayam, telur pindang, dan sedikit areh. Nasi Liwet sangat mudah ditemui di restoran, warung makan, maupun tenda lesehan. Beberapa lokasi nasi liwet yang direkomendasikan antara lain ialah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo, kemudian Nasi Liwet Bu Sarmi di Jalan Kapten Mulyadi (Depan Benteng Vastenburg), dan yang terakhir merupakan Nasi Liwet Yu Sani di Jalan Wonogiri-Solo, Solo Baru, Solo.

Selat Solo

Selat solo merupakan masakan khas yang isinya wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur, kecap, dan daging yang disiram kuah semur ditambah mayones agar rasanya lebih segar. Ada yang menyebut bahwa makanan ini merupakan perpaduan makanan barat dan timur. Warung makan yang menjual selat solo biasanya buka dari pagi hingga sore hari, karena selat solo menjadi menu sarapan bagi sebagian warga Solo. Beberapa tempat yang direkomendasikan antara lain ialah Warung Selat Mbak Lies di Jl. Serengan Gang II/42 Kampung Serengan, Viens Selata Segar & Sup Matahari di Jl. Hasanudin No 99, Omah Selat di Jl. Gotong Royong No 13 dan Selat Solo Tenda Biru di Jl. KH. Samanhudi No. 1, Solo.

Serabi Notosuman

Setelah puas merasakan kelezatan selat solo dan nasi liwet, kini tiba saatnya membeli buah tangan untuk orang-orang di rumah. Serabi notosuman merupakan pilihan yang tepat. Hidangan ini terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Dalam proses pembuatannya, adonan serabi dimasukkan ke dalam wajan kecil, kemudian ditutup menggunakan penutup yang terbuat dari tanah liat. Tersedia dua varian rasa, yaitu rasa coklat dan polos. Harga serabi ini Rp 2.000 per buah.

WALK & WOK: 3 Rekomendasi Kuliner Enak Wajib Anda Cicipi saat Mudik Lebaran ke Solo

Comments