Wali Kota Minta Dana Kelurahan, Sri Mulyani: Tujuannya untuk Apa?

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Wali Kota Minta Dana Kelurahan, Sri Mulyani: Tujuannya untuk Apa?

Wali Kota Minta Dana Kelurahan, Sri Mulyani: Tujuannya untuk Apa?

KEPONEWS.COM - Wali Kota Minta Dana Kelurahan, Sri Mulyani: Tujuannya untuk Apa? JAKARTA Wali Kota se-Indonesia meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk memberi dana bantuan kelurahan seperti dana desa yang sudah dikucurkan oleh pemerintah. Dana kelurahan tersebut diharapkan...
Loading...

JAKARTA Wali Kota se-Indonesia meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk memberi dana bantuan kelurahan seperti dana desa yang sudah dikucurkan oleh pemerintah. Dana kelurahan tersebut diharapkan bisa membantu meningkatkan dan menjalankan program pemerintah kota.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya akan mengkaji lebih dahulu wacana pemberian dana untuk kelurahan tersebut. Alasannya adalah, harus melihat Dana Alokasi Umum (DAU) dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pertama untuk UU APBN kita akan lihat UU manfaatkan seperti apa. Kedua kita lihat dari keseluruhan postur DAU yang ada karena ini kan masuk ke Pemerintah Daerah," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Selain itu, lanjut Sri Mulyani, pihaknya juga akan melihat kebijakan fiskal dari pemerintah. Alasannya adalah menurutnya, selama ini pemerintah hanya mengucurkan dana desa sesuai dengan mandat Undang-Undang APBN.

Menkeu Sri Mulyani: Kinerja APBN 2018 Alami Perbaikan

"Dana keuangan lebih kepada di kota karena di kabupaten itu dana desa, kita lihat peraturan perundang undangan lalu kita lihat fiskal space kita memungkinkan atau tidak dan tujuan apa," ucapnya.

Selain itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia juga akan melihat tujuan dari pemberian dana kelurahan tersebut. Jikalau memang kebutuhannya sangat mendesak dan mempunyai efek yang cukup signifikan, maka bukan tidak mungkin dirinya akan menyetujui pemberian dana untuk kelurahan yang diusulkan oleh Walikota Kota seluruh Indonesia.

Menkeu Sri Mulyani: Kinerja APBN 2018 Alami Perbaikan

"Jadi kita lihat kebutuhan dan fungsi pendanaan dari kelurahan dan mereka selama ini mendapatkan anggaran dari mana, apakah memang dibutuhkan untuk menyokong fungsi mereka sehingga anggaran perlu ditambah dan kalau ditambah melalui mekanisme apa, itu semua perlu dikaji lagi," jelasnya.

Namun bila nantinya dirinya menyetujui, hal tersebut juga perkara mudah untuk mencairkannya. Karena, dirinya harus menghitung dan mengotak-atik kembali darimana anggaran tersebut berasal.

"Tujuan untuk apa jikalau hanya sekedar dapat anggaran ya semua akan dapat dengan banyak sekali macam channel. Kalau kelurahan melalui wali kota dan kemudian dari APBD nya. Kalau desa melalui APBD Kabupatennya," jelasnya.

(feb)

(rhs)

Loading...

Comments