Wah! Dokter di India ini Mencabut 232 Gigi dari Mulut Seorang Remaja!

Inspirasi

Ragam / Inspirasi

Wah! Dokter di India ini Mencabut 232 Gigi dari Mulut Seorang Remaja!

Wah! Dokter di India ini Mencabut 232 Gigi dari Mulut Seorang Remaja!

KEPONEWS.COM - Wah! Dokter di India ini Mencabut 232 Gigi dari Mulut Seorang Remaja! (bbc) Dokter di India telah berhasil mencabut 232 gigi dari mulut seorang anak laki-laki berusia 17 tahun setelah tujuh jam operasi! Ashik Gavai dibawa ke rumah sakit karena ada pembengkakan di...
(bbc)

Dokter di India telah berhasil mencabut 232 gigi dari mulut seorang anak laki-laki berusia 17 tahun setelah tujuh jam operasi!

Ashik Gavai dibawa ke rumah sakit karena ada pembengkakan di rahang kanannya, kata Dr Sunanda Dhiware, kepala departemen gigi JJ Hospital di Mumbai, kepada BBC.

Remaja tersebut telah menderita selama 18 bulan dan pergi ke kota dari desa asalnya setelah dokter setempat gagal mendeteksi penyakitnya.

Dokter telah menggambarkan kondisinya sebagai kondisi yang sangat langka dan rekor dunia .

Mutiara putih kecil

Kelainan pada Ashik didiagnosis sebagai odontoma komposit kompleks dimana satu gusi dapat tumbuh banyak gigi. Ini semacam tumor jinak, kata Dr Dhiware.

(bbc)

Awalnya, kami tidak bisa memotongnya jadi kami harus menggunakan pahat dan palu untuk mengeluarkannya.

Begitu kita membukanya, gigi yang berbentuk seperti mutiara kecil mulai keluar satu per satu. Awalnya, kami mengumpulkannya, mereka benar-benar seperti mutiara putih kecil Tapi lama kelamaan kami mulai lelah Kami menghitung ada 232 gigi yang kami ambil.

Operasi yang dilakukan, melibatkan dua ahli bedah dan dua asisten. Tim tersebut dipimpin oleh Dr Vandana Thorawade yang memimpin departemen THT (indera pendengaran, hidung dan tenggorokan) di rumah sakit tersebut. Ashik sekarang memiliki 28 gigi.

(bbc)

Dr Dhiware mengatakan bahwa kasus Ashik sebagai kasus yang sangat langka dia belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya dalam karirnya selama 30 tahun.

Namun dia mengatakan bahwa dirinya senang mendapatkan kasus yang berbeda.

Menurut medis, kondisi tersebut diketahui mempengaruhi rahang atas dan maksimal 37 gigi telah dicabut dari tumor di kejadian sebelumnya.

Tapi dalam kasus Ashik, tumor itu ditemukan jauh di rahang bawah dan memiliki ratusan gigi.

Ayah Ashik Suresh Gavai seperti dikutip oleh Mirror Mumbai mengatakan bahwa anaknya mengeluh sakit parah sebulan yang lalu.

Saya khawatir hal itu bisa berubah menjadi kanker, jadi saya membawanya ke Mumbai, katanya. (latifah/rp)


Comments