Wabah COVID-19 Beri Kesempatan Taman Nasional Bunaken Pulihkan Ekosistem

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Wabah COVID-19 Beri Kesempatan Taman Nasional Bunaken Pulihkan Ekosistem

Wabah COVID-19 Beri Kesempatan Taman Nasional Bunaken Pulihkan Ekosistem

KEPONEWS.COM - Wabah COVID-19 Beri Kesempatan Taman Nasional Bunaken Pulihkan Ekosistem MANADO Penghentian sementara kunjungan wisatawan asal China ke Indonesia karena wabah virus Korona COVID-19 berdampak besar terhadap pariwisata di Sulawesi Utara, khususnya Taman Nasional Bunaken....
Loading...

MANADO Penghentian sementara kunjungan wisatawan asal China ke Indonesia karena wabah virus Korona COVID-19 berdampak besar terhadap pariwisata di Sulawesi Utara, khususnya Taman Nasional Bunaken.

Sebagai salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi oleh wisman China, hal itu berpengaruh terhadap tingkat hunian hotel, restoran maupun kunjungan ke tempat-tempat wisata di Sulut mengalami penurunan. Salah satunya Taman Nasional Bunaken yang sudah sangat terkenal sampai di mancanegara.

Taman bawah laut Bunaken

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) Farianna Prabandari mengaku turut prihatin atas kejadian yang terjadi di China, semua peristiwa menurutnya ada pesan tersirat tersendiri.

Farianna tidak memungkiri bahwa dengan berkurangnya kedatangan turis China membawa pengaruh besar terhadap kunjungan ke Taman Nasional Bunaken. Selama ini wisatawan yang datang ke Bunaken paling banyak berasal dari mancanegara.

Tahun 2019, wisatawan yang berkunjung ke Bunaken berjumlah hampir 31 ribu orang. Rinciannya, 21 ribu wisatawan mancanegara dan 10 ribu wisatawan nusantara.

"75 persen dari wisatawan mancanegara merupakan wisatawan China. Dengan adanya wabah virus Korona ini, kunjungan ke Taman Nasional Bunaken menurun terutama dari China, kalau dari Eropa masih ada dan nusantara," ujar Kepala BTNB Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si kepada Okezone, Kamis (20/2/2020).

Selanjutnya

Comments