Wabah Babi Afrika, Mentan akan Isolasi Daerah Terjangkit

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Wabah Babi Afrika, Mentan akan Isolasi Daerah Terjangkit

Wabah Babi Afrika, Mentan akan Isolasi Daerah Terjangkit

KEPONEWS.COM - Wabah Babi Afrika, Mentan akan Isolasi Daerah Terjangkit JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo buka suara terakit wabah demam babi yang melanda Afrika. Menurut Syahril, pihaknya langsung melakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk mengantisipasi...

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo buka suara terakit wabah demam babi yang melanda Afrika. Menurut Syahril, pihaknya langsung melakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk mengantisipasi wabah tersebut.

Salah satunya merupakan dengan mengisolasi daerah-daerah yang terjangkit dengan wabah demam babi Afrika ini. Nantinya, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas pertanian di daerah-daerah.

Populasi Babi Terancam karena Kolera, Sumut Berpotensi Rugi Rp4 Triliun

Kalau nantinya ditemukan babi yang terjangkit wabah, dirinya meminta kepada pemerintah daerah untuk tidak membiarkan hewan tersebut keluar. Karena jikalau sampai keluar, bisa menular kepada hewan lainnya.

Babi

"Isolasi yang paling penting. Isolasi untuk dia (babi) keluar wilayah itu yang kita perketat oleh pemerintah daerah setempat," ujarnya di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Kamis (25/12/2019).

Ayam Petelur Bantuan Pemerintah Tingkatkan Perekonomian Peternak

Di sisi lain, pihaknya meminta kepada jajarannya untuk melakukan pemeriksaan rajin. Selain itu, pihaknya juga akan secara rajin melakukan pemberian vaksin kepada babi-babi di sejumlah daerah.

"Salah satunya dengan mengisolasi daerah yang terjangkit sangat total. Kemudian, daerah lain harus sangat rajin tiap hari harus cek apakah ada virus yang menyangkut," jelasnya.

Sapi Dominasi Investasi Peternakan, Nilainya Tak Terduga

Sebagai berita, wabah babi Afrika tengah marak terjadi di sejumlah daerah di Sumatra Utara. Wabah itu disebut juga sebagai African Swine Fever (ASF).

Wabah tersebut menyebabkan banyak babi mati. Kementan hingga saat ini telah menyediakan 102 posko darurat untuk mengatasi wabah tersebut.

(rzy)

Comments