Virus corona bisa menginfeksi melalui pakaian, ini faktanya

Nasional

News / Nasional

Virus corona bisa menginfeksi melalui pakaian, ini faktanya

Virus corona bisa menginfeksi melalui pakaian, ini faktanya

KEPONEWS.COM - Virus corona bisa menginfeksi melalui pakaian, ini faktanya Sampai saat ini virus corona atau Covid-19 masih menjadi permasalahan hampir diseluruh dunia. Meski demikian, bukan berarti wabah satu ini tidak bisa diperangi. Salah satu cara yang dilakukan beberapa...

Sampai saat ini virus corona atau Covid-19 masih menjadi permasalahan hampir diseluruh dunia. Meski demikian, bukan berarti wabah satu ini tidak bisa diperangi. Salah satu cara yang dilakukan beberapa negara merupakan dengan tidak mengizinkan penduduknya untuk keluar rumah dalam waktu yang tidak ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah penyebaran corona yang terbilang cukup cepat.

Dilansir dari laman gq.com, virus mempunyai ukuran yang lebih kecil, dibandingkan dengan bakteri. Dan mereka hanya bisa terlihat memakai alat khusus, misalnya saja mikroskop. Dan virus ini membutuhkan inang untuk hidup atau berkembang biak, misalnya saja pada hewan, manusia, tumbuhan, hingga bakteri. Begitu juga dengan virus corona Covid-19.

Selain penyakit pernapasan kronis yang diakibatkan oleh infeksi virus corona Covid-19, sebenarnya ada banyak sekali penyakit kronis karena infeksi dari virus selain Covid-19. Misalnya saja penyakit HIV, DBD, Cikungunya, Hepatitis, Zika Virus, Rubella, Rabies, Cacar Air, Flu, dan Pilek.

Namun yang sedang menjadi kekhawatiran publik saat ini ialah penyakit karena infeksi virus corona Covid-19. Salah satu virus yang ditetapkan sebagai pandemi, karena sudah menyebar ke banyak sekali belahan dunia. Dan korbannya juga sudah mencapai puluhan ribu jiwa.

Pemerintah Indonesia juga sudah memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat terkait dengan penyebaran wabah virus corona Covid-19 ini. Seperti tidak diperbolehkan keluar rumah, berkerumun, dan harus lebih rajin mencuci tangan.

Namun tidak menutup kemungkinan, ada sebagian orang yang harus melakukan aktivitas di luar rumah bahkan juga berada di kerumunan. Sampai membuat mereka resah dengan pakaian yang harus dikenakan ketika berada di luar rumah, terutama di tengah situasi darurat virus corona Covid-19 ini. Padahal sebenarnya virus corona Covid-19 tidak bisa menginfeksi melalui pakaian yang mereka kenakan.

Nah, berikut fakta mengenai virus corona Covid-19 yang tidak bisa menginfeksi melalui pakaian yang rangkum dari banyak sekali sumber, Kamis (2/4).

1. Virus corona Covid-19 tidak bisa menginfeksi melalui pakaian.

Corona di pakaian © 2020-foto: Unsplash

Tidak ada data yang menunjukkan bahwa orang akan terinfeksi langsung karena pakaian yang dikenakan. Walaupun belum ada penelitian yang memastikan berapa lama virus corona Covid-19 bisa bertahan hidup di baju, celana, dan sepatu.

Namun sudah dilakukan sebuah penelitian bahwa virus Corona COVID-19 ini bisa bertahan di benda dengan "permukaan yang tidak keropos". Misalnya saja ketika berada di atas kertas atau karton virus corona bisa bertahan selama 24 jam. Kemudian pada plastik dan baja bisa bertahan selama 3 hari. Walaupun pakaian memang mempunyai permukaan keropos, tetapi bahan pakaian itu juga yang membuat virus lebih sulit ditemukan.

Dilansir dari laman gq.com Rabu, (1/4) Asisten Profesor Pediatrics di Baylor College of Medicine Dr. Jill Weatherhead mengatakan, penularan virus melalui pakaian mungkin terjadi kalau Kamu menyentuh area yang terkontaminasi dengan tangan, dalam hal ini ialah pakaian. Kemudian tangan menyentuh mulut, hidung, atau mata. Namun, ini tidak menjadi metode penularan yang umum terjadi kecuali kamu berada dalam kondisi dengan risiko tinggi.

2. Tidak perlu mengganti pakaian dan mencucinya, kecuali sudah menyentuh permukaan benda.

Corona di pakaian © 2020-foto: Pixabay

Begitu juga, tidak ada penelitian yang mengatakan secara pasti perihal hidup virus corona Covid-19 ketika berada di bahan nilon atau juga katun. Namun ini bisa dijadikan sebagai spekulasi. Virus akan lebih mudah terlihat ketika berada dalam sesuatu yang menyerap seperti kapas dan rayon.

Dilansir dari laman gq.com Rabu, (1/4) Ahli Biologi di NYU Langone Health Dr. Philip Tierno mengatakan, meski demikian pakaian katun juga bukan cara yang efektif untuk penyebaran virus.

Kemudian kekhawatiran mengenai penyebaran melalui pakaian kini sedang menjadi sebuah perdebatan juga. Namun mengganti dan mencuci pakaian setelah keluar rumah tidak perlu dilakukan. Terkecuali jikalau pakaianmu telah menyentuh permukaan tertentu yang diyakini ada virus Covid-19 di sana.

Namun, dilansir dari laman gq.com Rabu, (1/4) menurut Asisten Profesor di Departemen Biosains Molekuler Universitas Kansas Dr. Anthony Fehr, mengganti dan mencuci baju setelah berada di luar rumah tidak perlu dilakukan. Tapi ada beberapa keadaan yang melemahkan. Seperti ketika Kamu telah menggosok atau menyentuh permukaan tertentu dengan pakaian.

3. Lebih baik menyentuh permukaan benda dengan telapak tangan daripada siku.

Corona di pakaian © 2020-foto: Liputan6.com/Herman Zakharia

Ketika berada di luar rumah pasti kita akan dihadapkan dengan permukaan benda-benda tertentu. Dan ini juga menjadi sebuah kekhawatiran baru. Seperti bertemu dengan tombol lift, gagang pintu, mendapatkan paket, atau juga keranjang belanja.

Kebanyakan orang lebih memilih menyentuhnya dengan siku daripada telapak tangan, karena telapak tangan lebih rentan dengan penularan virus. Namun ternyata, ini ialah cara yang salah.

Ternyata cara yang lebih efektif ialah memakai telapak tangan. Kemudian telapak tangan tersebut dicuci memakai sabun atau antiseptik. Dan jikalau memilih memakai siku, mungkin pertimbangan untuk mengganti dan mencuci pakaian harus dilakukan.

Menurut Dr. Tierno, "Itu bukan hal yang cerdas untuk dilakukan. Lebih baik memakai tanganmu dan kemudian mencucinya."

4. Cara terbaik menghindari infeksi virus corona Covid-19.

Corona di pakaian © 2020-foto: iStockphoto

Cara terbaik untuk menghindari infeksi virus corona ialah dengan tetap berada di dalam rumah, melakukan social distancing atau physical distancing, hindari kontak dengan hewan, hindari berdekatan dengan orang sakit, masak daging dengan benar, gunakan masker ketika terpaksa berada di luar rumah, dan terakhir selalu usahakan untuk lebih sering mencuci tangan pakai sabun.

Recommended By Editor

Comments