Viral Video 'Zoom Meeting' pada Zaman Pak Harto, Seperti Ini Penampakannya

Trending

Fun / Trending

Viral Video 'Zoom Meeting' pada Zaman Pak Harto, Seperti Ini Penampakannya

Viral Video 'Zoom Meeting' pada Zaman Pak Harto, Seperti Ini Penampakannya

KEPONEWS.COM - Viral Video 'Zoom Meeting' pada Zaman Pak Harto, Seperti Ini Penampakannya Soeharto melakukan telekonferensi jarak jauh dengan siswa seperti Zoom Meeting. (YouTube) Viral di sosmed cuplikan 'Zoom Meeting' pada zaman Soeharto masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia...

Soeharto melakukan telekonferensi jarak jauh dengan siswa seperti Zoom Meeting. (YouTube)

Viral di sosmed cuplikan 'Zoom Meeting' pada zaman Soeharto masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Tentu saja bukan seperti Zoom Meeting sekarang, melainkan teknologi video telekonferensi yang sudah lama digunakan.

Belakangan ini, Zoom Meeting menjadi salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk melakukan banyak aktivitas sebagai pengganti pertemuan offline.

Menyusul ditetapkannya Work From Home yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah, maka perusahaan teknologi mulai meramai-ramai menciptakan software sejenis.

Melalui software Zoom Meeting atau sejenisnya, kamu bisa tetap terhubung dengan beberapa orang sekaligus dalam satu waktu.

Soeharto melakukan telekonferensi jarak jauh dengan siswa seperti Zoom Meeting. (YouTube)Soeharto melakukan telekonferensi jarak jauh dengan siswa seperti Zoom Meeting. (YouTube)

Banyak orang mengira jikalau tahun 2000an menjadi tahun boomingnya layanan telekonferensi seperti Zoom Meeting.

Namun persepsi kamu akan berubah setelah melihat video yang sedang viral di sosmed berikut ini.

Dalam video viral yang diunggah di akun YouTube tersebut, terlihat Presiden kedua RI, Soeharto, ternyata sudah pernah melakukan Zoom Meeting lho.

Pada cuplikan video itu, Pak Harto seperti sedang melakukan kegiatan tanya jawab dengan beberapa siswa SMP melalui sambungan suara dan video.

Pada video itu juga terlihat Soeharto berkomunikasi dengan sebuah mic dan menghadap ke sebuah layar besar yang menampilkan anak SMP yang mengajukan pertanyaan.

Soeharto melakukan telekonferensi jarak jauh dengan siswa seperti Zoom Meeting. (YouTube)Soeharto melakukan telekonferensi jarak jauh dengan siswa seperti Zoom Meeting. (YouTube)

Tidak diketahui kapan video tersebut diambil, namun banyak yang mengira itu ialah video yang dibuat pada tahun 1980an.

Yup, pada zaman Soeharto, Indonesia memang sempat mengembangkan pembelajaran jarak jauh.

Akan tetapi teknologi yang digunakan tentu tak secanggih saat ini. Saat itu, Indonesia memanfaatkan sebuah teknologi yang bernama transponder.

Transponder sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menangkap, mengirimkan dan memperkuat sinyal dalam frekuensi tertentu pada satelit Palapa milik Perumtel (saat ini disebut Telkom Indonesia).

"Apakah penangkapan pelajaran dari gambarnya saja atau dari suaranya daripada penjelasannya?" tanya Soeharto.

Siswa itu pun menjawab kalau pembelajaran jarak jauh yang ia dapat memperlihatkan suara dan gambar. Jadi para siswa dapat memperhatikan keduanya.

Tonton videonya DI SINI.

Itulah video viral di sosmed, teknologi video telekonferensi era Pak Harto yang disebut netizen seperti Zoom Meeting zaman sekarang.

Kontributor: Tenang Lestari

Comments