Viral tutorial tisu basah jadi pengganti masker, ini kata dokter

Trending

Fun / Trending

Viral tutorial tisu basah jadi pengganti masker, ini kata dokter

Viral tutorial tisu basah jadi pengganti masker, ini kata dokter

KEPONEWS.COM - Viral tutorial tisu basah jadi pengganti masker, ini kata dokter Belakangan, sosmed diramaikan dengan video tutorial membuat tisu basah menjadi masker demi mencegah virus Corona (Covid-19). Tutorial tersebut viral dan mendapat banyak sekali respons dari warganet. L...

Belakangan, sosmed diramaikan dengan video tutorial membuat tisu basah menjadi masker demi mencegah virus Corona (Covid-19). Tutorial tersebut viral dan mendapat banyak sekali respons dari warganet.

Lantas apakah membuat masker dari tisu basah itu alternatif yang tepat? Saat konferensi pers, dokter spesialis paru konsultan Erlina Burhan menegaskan, tisu basah yang dibuat menjadi masker itu tidak tepat.

"Namanya juga tisu basah. Bahannya dari kertas. Kalau orangnya sakit, lantas dia bersin ya robeklah. Percikannya jadi keluar. Jelas itu enggak efektif (dijadikan masker). Jangan disebarluaskan, enggak benar ini. Dari sisi medis tidak betul," tegas Erlina di Kantor PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), seperti dikutip dari liputan6.com, Jumat (6/3).

Kriteria masker yang tepat ada dua. Pertama, masker bisa menyerap percikan (droplet) yang dikeluarkan seseorang. Kedua, kalau ada percikan, tidak menempel pada masker.

"Masker surgical yang berwarna hijau itu yang biasa digunakan termasuk (kriteria) tepat. Yang bagian warna hijau di luar karena bagian tersebut waterproof (tahan air)," lanjut Erlina.

"Artinya, kalau ada percikan, enggak nempel. Yang bagian dalam warna putih itu menyerap cairan. Kalau kita batuk dan bersin, dropletnya terserap pada masker. Jadi, bukan tisu basah lho."

Viral tutorial tisu basah jadi pengganti masker, ini kata dokter © 2020 liputan6.com

foto: liputan6.com

Video tutorial penggunaan tisu basah menjadi masker yang jadi perbincangan warganet itu berdurasi 1 menit 7 detik. Pada video, menampilkan seorang perempuan yang sedang mempraktikkan cara tisu basah digunakan sebagai pengganti masker untuk mencegah penularan virus Corona.

Dalam video yang beredar, perempuan yang mengenakan baju hijau mengambil satu helai tisu basah. Kemudian melipat sisi pinggir tisu dan mengguntingnya untuk membuat lubang, yang akan dikaitkan pada kedua indera pendengaran.

Berikut narasi dalam video tutorial penggunaan tisu basah menjadi masker:

Oke contoh tisu basah yang antiseptik Detol ya. Ini tisu basah lalu dilipat ya dilipat.

Udah itu, ini digunting buat lubang agar bisa dicantol di indera pendengaran ya.

Kalau udah enggak dapat beli itu, ini dilipat digunting biar ada lubang, setelah itu kan ada lubang langsung pasang ke hidung kan tertutup rapat. kalau sangsi dua lapis bagus kan sudah, seandainya tidak ada masker pakai ini aja nggak usah sangsi.

Recommended By Editor

Comments