Viral Putin lepas 800 singa antisipasi Corona, ini faktanya

Trending

Fun / Trending

Viral Putin lepas 800 singa antisipasi Corona, ini faktanya

Viral Putin lepas 800 singa antisipasi Corona, ini faktanya

KEPONEWS.COM - Viral Putin lepas 800 singa antisipasi Corona, ini faktanya Virus Corona kini sudah merebak ke seluruh dunia. Setidaknya ada 284.000 kasus positif Corona yang tersebar di banyak sekali negara. Banyak sekali upaya pun dilakukan pemerintah setempat guna memutus...

Virus Corona kini sudah merebak ke seluruh dunia. Setidaknya ada 284.000 kasus positif Corona yang tersebar di banyak sekali negara. Banyak sekali upaya pun dilakukan pemerintah setempat guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Lockdown dan social distancing menjadi upaya yang diterapkan beberapa negara yang sudah terinfeksi Corona.

Agar tak ada warganya yang beraktifitas di luar rumah, aparat keamanan diterjunkan untuk melakukan pemantauan secara rajin. Beberapa negara paling terdampak Corona seperti Italia dan Spanyol bahkan melarang keras warganya untuk keluar rumah.

Baru-baru ini, dalam sebuah pesan berantai yang beredar di sosmed, tampak seekor singa berkeliaran di jalan-jalan yang sepi. Dalam keterangan foto tersebut, dijelaskan bahwa pelepasan singa dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin agar tak ada warganya yang berani keluar rumah. Nggak main-main, Putin dikabarkan melepas 800 singa dan harimau di jalan-jalan negara tersebut.

Fakta viral singa dilepas di jalan liputan6.com

foto: liputan6.com

Dalam foto tersebut, diperlihatkan seekor singa tampak sedang berjalan pada malam hari di jalanan yang sepi. Di dekat singa itu pula terparkir beberapa mobil di pinggir jalan.

"Rusia

Containment

Vladimir Putin has dropped 800 Tigers and Lions over the country to push people to stay home," tulis sang pengunggah foto tersebut.

Kemunculan foto tersebut pun sukses menjadi perbincangan warganet. Ada yang percaya, namun tak sedikit yang menyebut jikalau gosip tersebut hoaks.

Setelah ditelusuri terhadap foto tersebut di situs pencari Yandex, diketahui bahwa foto itu mempunyai kesamaan terhadap foto yang pernah dimuat di situs vk.com.

Dilansir dari liputan6.com pada Senin (23/2), dalam situs tersebut diketahui bahwa foto tersebut diunggah oleh akun The Classy English pada 13 Juli 2016 lalu.

Selanjutnya pengecekan dilakukan dengan memasukkan kata kunci Jorissen ST ke mesin pencarian Google. Nama Jorissen ST ditemukan pada salah satu sisi trotoar pada foto tersebut.

Hasilnya ditemukan sebuah berita berjudul "Paws at the traffic lights! Giant male lion is seen prowling around the streets of South AfricaS biggest city (but its not as dangerous as youd think)."

Berita itu dimuat di situs dailymail.co.uk pada 15 April 2016. Dalam foto itu dijelaskan bahwa singa tersebut memang berkeliaran di Kota Johannesburg. Namun singa bernama Colombus itu secara sengaja dilepas pada jalan-jalan kota untuk keperluan syuting film.

Dari penelusuran yang dilakukan tim Liputan6.com itu, diketahui bahwa berita mengenai Vladimir Putin yang menyebar 800 singa agar warganya tidak keluar rumah merupakan hoaks alias tidak benar.

Selain itu, foto singa yang berkeliaran di atas tidak ada kaitannya sama sekali dengan pandemi Virus Corona.

Recommended By Editor

Comments