Viral potret mengenaskan ular piton hangus terbakar di Kalimantan

Trending

Fun / Trending

Viral potret mengenaskan ular piton hangus terbakar di Kalimantan

Viral potret mengenaskan ular piton hangus terbakar di Kalimantan

KEPONEWS.COM - Viral potret mengenaskan ular piton hangus terbakar di Kalimantan Kebakaran hutan di Kalimantan menjadi sorotan publik. Selain mengakibatkan buruknya kualitas udara dan berdampak pada kesehatan warga, sejumlah hewan pun ikut menjadi korban. Dilansir dari merdeka.com...

Kebakaran hutan di Kalimantan menjadi sorotan publik. Selain mengakibatkan buruknya kualitas udara dan berdampak pada kesehatan warga, sejumlah hewan pun ikut menjadi korban.

Dilansir dari merdeka.com, Senin (16/9) Masyarakat dihebohkan dengan penampakan ular piton raksasa penghuni hutan Kalimantan yang hangus terbakar. Seperti yang diunggah akun Facebook Johan Michael Median Pasha, nampak seekor ular piton berukuran besar hangus terbakar bersama dengan flora dan fauna lainnya di hutan Kalimantan.

Dalam potret yang tersebar dan viral di dunia maya, kondisi ular piton raksasa yang terbakar tersebut sangat mengenaskan. Dalam foto yang diunggah akun Facebook Johan Michael Median Pasha, suku Dayak pedalaman hutan Kalimantan menyebutnya Tangkalaluk atau Pyhton Raja Ular Rimba Hutan Belantara Kalimantan.

"Ini merupakan salah satu jenis Ular atau bisa disebut ANACONDAnya INDONESIA atau masyarakat SUKU DAYAK PEDALAMAN HUTAN KALIMANTAN menyebutnya: Tangkalaluk/Phyton Raja Ular Rimba Hutan Belantara Kalimantan nan Langka, dimasa lalu dimana dalam mencari mangsa: seperti babi hutan, rusa, harimau dahan dan hewan besar lainnya predator melata itu bisa menirukan suara rusa,orang utan atau suara burung dalam menarik mangsanya). Kepalanya menjuntai di bawah sedangkan ekornya berkait di atas pohon besar untuk memakan mangsanya..Dan kini hangus musnah terbakar," tulisnya.

"Baru saya melihatnya dan saya bertahun2 sangat penasaran sama makhluk ini..Saya mengira ini makhluk astral atau tak kasat mata. Walau sering diceritakan secara lisan dari suku dayak di pedalaman Hutan Kalimantan dan ternyata benar-benar masih ada dan terlihat bentuk fisik legenda ular jenis Phyton yang diceritakan raksasa ular Tangkalaluk ada kemiripan dengan Anaconda yang ada di Belantara HUTAN TROPIS Amazon (NEGARA BRAZIL)".

Karena ulah tangan-tangan usil manusia yang membakar hutan di daerah Kalimantan dan sekitarnya, bukan hanya masyarakat yang merasakan dampaknya melainkan hewan-hewan yang tinggal di hutan tersebut juga berdampak. Mirisnya, ular piton raksasa langka yang disebut Tangkalaluk oleh suku dayak mati mengenaskan.

Ular paling banyak mati lantaran gerakan satwa ini cukup lambat dibanding binatang lainnya sehingga tidak sempat menyelamatkan diri dari kepungan kebakaran lahan.

"Dan sekarang kita menyaksikan semua bahwa Tangkalaluk MATI MENGENASKAN AKIBAT HUTAN KALIMANTAN DIBAKAR".

Bukan hanya ular piton, binatang liar yang hidup di hutan Kalimantan juga mati terpanggang. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur Rihel mengatakan kebakaran lahan dan asap yang terjadi saat ini sudah cukup parah. Sebarannya yang sporadis juga berdampak terhadap tempat asal satwa liar hingga akhirnya banyak yang ikut terbakar.

"Banyak-banyak bangkai hewan yang ditemukan petugas saat memadamkan kebakaran lahan, di antaranya ular, tupai dan lainnya. Yang banyak itu bangkai ular banyak sekali jenis," kata Rihel di Sampit, Senin (16/9). Dikutip dari Antara.

Recommended By Editor Viral potret mengenaskan ular piton hangus terbakar di Kalimantan

Comments