Viral money changer tipu turis Bali, reaksi tour guide tuai pujian

Trending

Fun / Trending

Viral money changer tipu turis Bali, reaksi tour guide tuai pujian

Viral money changer tipu turis Bali, reaksi tour guide tuai pujian

KEPONEWS.COM - Viral money changer tipu turis Bali, reaksi tour guide tuai pujian Bali memang menjadi destinasi wisata populer bagi para turis, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, banyak orang di negara lain yang lebih tahu Bali daripada Indonesia. Keindahan Pulau Dewata memang...
Loading...

Bali memang menjadi destinasi wisata populer bagi para turis, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, banyak orang di negara lain yang lebih tahu Bali daripada Indonesia. Keindahan Pulau Dewata memang punya daya pikat yang nggak bisa ditolak oleh turis asing begitu juga dengan orang Indonesia itu sendiri.

Sayangnya, banyaknya orang asing yang masuk ke Bali malah dijadikan usaha kotor oleh beberapa oknum. Contohnya petugas money changer satu ini. Ia kepergok tour guide menipu tamunya yang berasal dari Prancis. Bahkan aksi petugas jasa penukaran mata uang asing itu terekam kamera dan viral di sosmed.

Terlihat dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @oneaperture beberapa waktu lalu, seorang tour guide berkaus merah meminta dengan paksa ke petugas money changer untuk mengembalikan uang tamunya. Diketahui, petugas itu menipu turis asal Prancis. Ia memberi penukaran uang dengan jumlah yang tak sesuai kurs.

Tour guide ini terdengar meminta petugas untuk mengembalikan uang 300 Euro yang sempat ditukarkan tamunya. Lalu ia menyuruh bule asal Prancis tersebut mengembalikan uang Rupiah hasil penukaran itu. Tour guide tersebut juga sempat menyinggung soal susahnya menjaga integritas Bali. Namun oknum-oknum ini dengan mudahnya banyak menipu turis.

"Bikin malu aja, bro. 300 Euro cepat bawa kemari. Kita setengah mati lho bangun reputasi Bali," ujarnya.

Usai viral di sosmed, aksi tour guide yang diketahui bernama Boniq Ingunau Vanyavani ini pun mendapat apresiasi warganet. Kebanyakan dari mereka mengapresiasi cara Boniq dalam melindungi turis dan menjaga reputasi Bali sebagai destinasi wisata favorit.

Integritas org Bali dlm menjaga nama daerahnya. Respect pic.twitter.com/EuUddONZtw

SteveL1m (@oneaperture) October 4, 2019

Dalam unggahan terpisah, pemilik akun @oneaperture menuliskan kalau Boniq mendapati kejadian seperti ini tak hanya satu atau dua kali. Itu ialah kejadian ketiga dengan tiga tamu berbeda dan lokasi money changer yang berbeda pula. Itu artinya memang masih banyak petugas penukarang mata uang asing yang 'bermain'.

Diunggah ke Twitter pada beberapa waktu lalu, video aksi Boniq tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 300 ribu kali. Beberapa dari mereka juga mengungkapkan kalau pernah ditipu oleh petugas money changer di Bali.

"Persis! Jd crtnya lg liburan klg di Bali, kakak kebetulan emg tgl di LN & ikutan ke Bali. nukerin SGD 100, dihitung sm orgnya itungannya pas. Pas ditgn kita duitnya krg 300rb," tulis akun @donZema.

"Saya pernah mengalami hal serupa dia menjatuhkan selembar pecahan 100 euro dan mengatakan hanya 900 euro ku," ungkap akun @dhedy_84.

"Money changernya bangke ini, untung Guidenya jujur," ujar akun @andesh_.

Recommended By Editor Viral money changer tipu turis Bali, reaksi tour guide tuai pujian

Comments