Viral Foto Habib Rizieq Positif COVID-19 Dijenguk Anies, Cek Faktanya

Trending

Fun / Trending

Viral Foto Habib Rizieq Positif COVID-19 Dijenguk Anies, Cek Faktanya

Viral Foto Habib Rizieq Positif COVID-19 Dijenguk Anies, Cek Faktanya

KEPONEWS.COM - Viral Foto Habib Rizieq Positif COVID-19 Dijenguk Anies, Cek Faktanya Akun Melekpolitikcom (fb.com/meIekpolitikcom) membagikan sebuah berita berjudul Viral! Beredar Foto Anies Jenguk Rizieq yang Positif Covid-19 yang dimuat di situs melekpolitik[dot]com pada 24 November...

Akun Melekpolitikcom (fb.com/meIekpolitikcom) membagikan sebuah berita berjudul Viral! Beredar Foto Anies Jenguk Rizieq yang Positif Covid-19 yang dimuat di situs melekpolitik[dot]com pada 24 November 2020.

Di foto tersebut, terlihat Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab tengah terbaring di sebuah ruangan yang disampingnya ada 2 orang yang mengenakan APD. Terdapat juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Slamet Maarif, Ketua Persatuan Alumni (PA) 212 yang tidak mengenakan masker.

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, kalim disertai foto Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab yang sedang dijenguk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Ketua Persatuan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif merupakan klaim yang salah.

Faktanya, foto itu merupakan foto hasil editan atau suntingan yang menggabungkan 4 foto yang berbeda. Foto Rizieq Shihab yang terbaring itu merupakan foto yang sudah beredar semenjak tahun 2016.

Berdasarkan hasil penelusuran memakai kata kunci Rizieq dirawat , ditemukan foto yang identik dimuat pada situs infomenia[dot]net di berita berjudul Saat ini Rizieq Shihab Dirawat di RS Bogor, Ini Penyebabnya . Berita ini tayang pada Selasa, 06 Desember 2016.

Saat itu, Sekretaris Jenderal DPD FPI Jakarta Habib Novel Bamukmin mengatakan, Habib Rizieq menjalani perawatan di salah satu RS tak jauh dari pondok pesanteran yang dipimpinnya karena kelelahan.

Foto Anies Baswedan, merupakan foto pada April 2017. Berdasarkan hasil pencarian memakai kata kunci Anies Baswedan menjenguk , ditemukan foto yang identik dengan foto Anies yang ada di foto sumber klaim pada berita berjudul Anies Baswedan: Novel Sudah Lima Kali Dapat Ancaman yang dimuat di situs Republika pada Selasa 11 April 2017.

Anies menjenguk Novel Baswedan di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa, 11 April 2017.

Photo : turnbackhoax.id

Foto Slamet Maarif merupakan foto pada Februari 2020. Berdasarkan hasil penelusuran dengan memakai kata kunci Slamet Maarif Ketua PA 212 , ditemukan foto yang identik dimuat di berita berjudul Rumahnya Dilempari Batu, Slamet Maarif: Aksi 212 Tetap Dilaksanakan yang tayang di situs Okezone pada Selasa 18 Februari 2020.

Sementara itu, foto dokter dengan APD lengkap merupakan foto yang sudah beredar semenjak April 2020. Berdasarkan hasil penelusuran dengan memakai potogan foto 2 petugas tersebut, ditemukan hasil bahwa foto dua petugas ini salah satunya dimuat di berita berjudul Alasan Seseorang Kerap Menutupi Covid-19 yang Dideritanya yang tayang di situs Kompas pada 30 April 2020. Di keterangannya, tertulis Ilustrasi pasien corona, virus corona, Covid-19(Shutterstock/Kobkit Chamchod)

Berdasarkan keterangan tersebut, penelusuran pada situs shutterstock.com ditemukan fakta bahwa foto itu diunggah oleh Kobkit Chamchod dengan narasi: Doctors in the protective suits and masks are examining the infected aging female patient in the control area

Kesimpulan

Foto hasil editan atau suntingan yang menggabungkan 4 foto yang berbeda. Foto Rizieq Shihab yang terbaring itu merupakan foto yang sudah beredar semenjak tahun 2016. Foto Anies Baswedan, merupakan foto pada April 2017 dan foto Slamet Maarif ialah foto pada Februari 2020. Sementara itu, foto dokter dengan APD lengkap ialah foto yang sudah beredar semenjak April 2020.

Dengan demikian, unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Comments