Viral di Medsos, Penemuan Patung Kepala Mirip Badut It di Klaten

Trending

Fun / Trending

Viral di Medsos, Penemuan Patung Kepala Mirip Badut It di Klaten

Viral di Medsos, Penemuan Patung Kepala Mirip Badut It di Klaten

KEPONEWS.COM - Viral di Medsos, Penemuan Patung Kepala Mirip Badut It di Klaten Selasa, 19 September 2017 | 15:01 WIBSeorang warga menyaksikan patung kepala yang ditemukan di dasar Umbul Tirtomoyo, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, pada Selasa, 19 September 2017....

Selasa, 19 September 2017 | 15:01 WIBSeorang warga menyaksikan patung kepala yang ditemukan di dasar Umbul Tirtomoyo, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, pada Selasa, 19 September 2017. DINDA LEO LISTY | KLATEN

Seorang warga menyaksikan patung kepala yang ditemukan di dasar Umbul Tirtomoyo, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, pada Selasa, 19 September 2017. DINDA LEO LISTY | KLATEN.

Klaten - Sebuah patung kepala manusia ditemukan di dasar Umbul Tirtomulyo, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada Senin lalu. Dalam waktu singkat, foto patung yang wajahnya sekilas mirip tokoh badut angker dalam It, filmhoror terbaru keluaran Warner Bros itu, menjadi viral di sosmed.

Baca: Di Muntilan, Memedi Sawah Tiba-tiba Mengelilingi Candi Ngawen

"Hingga kemarin malam, di salah satu grup Facebook, penontonnya mencapai 6.000 orang," kata Kepala Dusun I, yang juga merangkap sementara Sekretaris Desa Kedungan, Mulyono, ketika ditemui Tempo di kantornya pada Selasa, 19 September 2017.

Mulyono mengaku belum tahu siapa yang menggali timbunan tanah lembek di dasar Umbul Tirtomoyo sehingga menemukan patung kepala dengan mata melotot, dua hiasan bulat di pipi, dan mulut menganga itu. "Hari ini, saya baru akan mengecek ke lokasi," ujarnya.

Dari pantauan Tempo, patung tersebut tertanam di satu sudut dasar umbul yang luasnya sekitar 6 meter x 6 meter dan berkedalaman sekitar 4 meter itu. Umbul merupakan semacam kolam dari mata air alami yang biasa dimanfaatkan untuk keperluan irigasi. Puluhan tahun dibiarkan mangkrak, umbul peninggalan zaman kolonial Belanda yang teduh di bawah kepungan empat pohon beringin itu mengering yang akan terjadi tebalnya sedimentasi.

Di beberapa grup WhatsApp, sebagian orang menduga patung tersebut ialah arca atau benda purbakala. Namun, ketika diamati dari dekat, patung itu tidak terbuat dari batu. "Patung itu dari semen. Waktu saya masih kecil, totalnya ada empat patung di setiap sudut umbul itu," kata Kepala Urusan Pemerintahan Desa Kedungan, Ruminto, 61 tahun.

Menurut cerita dari orang tua zaman dulu, Ruminto berujar patung-patung itu merupakan buah karya Mbah Suro, seniman asal Desa Kedungan. Namun Ruminto mengaku tidak tahu kapan pastinya patung itu dibuat. "Karena salah satu patungnya mirip buto (raksasa jahat), Tirtomulyo juga sering disebut Umbul Buto," ucapnya.

Ruminto menambahkan, Umbul Tirtomulyo merupakan salah satu saksi sejarah kejayaan pabrik gula di Kecamatan Pedan. Terdapat dua pipa besi bekas di umbul yang dimanfaatkan untuk mengalirkan air ke pabrik dan ke kebun tebu di sekitarnya. "Pabrik gula itu berjarak sekitar satu kilometer dari Umbul Tirtomulyo. Namun sekarang tidak ada bekasnya, sudah jadi permukiman," tuturnya.

Menurut Mulyono, penemuan patung kepala yang menjadi viral di sosmed itu secara tidak langsung mendongkrak ketenaran Umbul Tirtomulyo yang tengah disiapkan untuk obyek wisata. "Selain Tirtomulyo, masih ada Umbul Tirtomoyo dan Umbul Cilik di Desa Kedungan. Revitalisasi tiga umbul tersebut untuk obyek wisata sudah masuk RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa)," katanya.

DINDA LEO LISTY

Comments