Viral di Medsos, Akankah Rocky Gerung Menanggapi Kritik Rizal Mallarangeng?

Trending

Fun / Trending

Viral di Medsos, Akankah Rocky Gerung Menanggapi Kritik Rizal Mallarangeng?

Viral di Medsos, Akankah Rocky Gerung Menanggapi Kritik Rizal Mallarangeng?

KEPONEWS.COM - Viral di Medsos, Akankah Rocky Gerung Menanggapi Kritik Rizal Mallarangeng? JAKARTA - Tulisan Koordinator Nasional Relawan Golkar Jokowi (Gojo) Rizal Mallarangeng di Qureta.com sehari lalu yang berjudul Rocky Gerung, Kembang, dan Bowoisme mendapat komentar luas di medsos. Riz...

JAKARTA - Tulisan Koordinator Nasional Relawan Golkar Jokowi (Gojo) Rizal Mallarangeng di Qureta.com sehari lalu yang berjudul Rocky Gerung, Kembang, dan Bowoisme mendapat komentar luas di medsos.

Rizal mengatakan tulisannya itu merupakan kritik untuk Rocky Gerung, sahabatnya yang juga akademisi dan selama ini dikenal dengan jargon "akal sehat".

"Saya bersahabat dengan Rocky semenjak tahun 1980-an. Kami merupakan aktivis mahasiswa di puncak otoritarianisme Orba. Kenapa saya kritik dia dengan tulisan? Untuk mengingatkan dia. Dan juga, kaum intelektual tidak dinilai dari omongannya tapi dari tulisannya. Kalau perdebatan secara tertulis, pendapat jadi lebih sistematis dan mendalam," kata Rizal kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Baca Informasi Terkait : Sahabat Semenjak 1980, Kritik Rizal Mallarangeng untuk Rocky Gerung Ramai Komentar 'Apa Itu Bowoisme?'

Dalam tulisannya, Rizal menilai Rocky Gerung tidak berimbang dalam menyajikan fakta-fakta wacana capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

"Ada keberpihakan, Rocky condong ke Prabowo dan banyak sekali uraiannya sudah menjadi semacam mono-kritik terhadap Jokowi," kata Rizal.

Sejatinya, akademisi yang menjadikan akal sehat sebagai konsep usaha, harus menimbang fakta dan argumen, serta mengarahkan 'pedangnya' kepada semua pihak di ruang publik tanpa terkecuali.

"Penguasa bisa benar bisa salah, demikian pula kaum oposisi," ujarnya.

Masih dalam kritiknya, menurut Rizal, Rocky seharusnya tidak membedakan Prabowo dan Jokowi, atau berlindung di balik argumen bahwa seorang akademisi harus selalu mengkritik kekuasaan.

"Dia mempunyai bakat yang baik sebagai seorang pengkritik di luar sistem. Terus terang, agar berimbang dan tidak melulu mengulas soal Jokowi, saya sangat ingin mendengar bagaimana Rocky memaparkan atau mengkritik apa yang ingin saya sebut sebagai Bowoisme," katanya.

Viral di Medsos, Akankah Rocky Gerung Menanggapi Kritik Rizal Mallarangeng?

Comments