Viral Alat Deteksi Orang yang Sudah Divaksin, Begini Faktanya

Trending

Fun / Trending

Viral Alat Deteksi Orang yang Sudah Divaksin, Begini Faktanya

Viral Alat Deteksi Orang yang Sudah Divaksin, Begini Faktanya

KEPONEWS.COM - Viral Alat Deteksi Orang yang Sudah Divaksin, Begini Faktanya SAAT ini semakin banyak alat untuk mendeteksi suhu tubuh. Bukan lagi termometer digital, apalagi termometer air raksa. Di beberapa tempat, termometer yang dipasang bisa langsung mengecek banyak orang...

SAAT ini semakin banyak alat untuk mendeteksi suhu tubuh. Bukan lagi termometer digital, apalagi termometer air raksa. Di beberapa tempat, termometer yang dipasang bisa langsung mengecek banyak orang sekaligus.

Namun, beberapa hari belakangan beredar kabar bahwa telah dikembangkan alat untuk mendeteksi siapa yang sudah divaksin, dan siapa yang belum.

Dalam lini masanya, pemilik akun Facebook ARyadiila mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sejumlah orang lalu-lalang di sebuah jalan.

Tampak dalam cuplikan gambar sepanjang 30 detik itu, ada pejalan kaki yang terdeteksi dengan kotak hijau maupun kotak merah.

Berikut narasi yang dituliskan sang pengunggah:

Hoax

"Hebatnya Zaman Yg Tervaksin and Yg Blom Akan Ketahuan.. yg kotak merah yg sudah tervaksin."

Lantas, benarkah penerima vaksin COVID-19 bisa dideteksi kamera?

Berita yang dihimpun dari technologyreview.com, cuplikan gambar yang beredar itu bukanlah kamera pendeteksi orang yang sudah atau belum divaksin COVID-19.

Faktanya, video tersebut menampilkan cara kerja software bernama Landing AI yang dikembangkan Andrew Ng.

Software tersebut merupakan alat pemantau yang mengeluarkan peringatan, ketika ada orang yang berada kurang dari jarak yang diinginkan dari seorang rekan atau terkait "social distancing".

Kotak merah menunjukkan seseorang berada pada jarak yang terlalu dekat, dan kotak hijau artinya jarak seseorang dengan rekannya terpantau aman.

(dwk)

Comments