Viral! Aksi Seorang Nenek Bergelayutan di Monkey Bar Demi Jaga Kebugaran

Trending

Fun / Trending

Viral! Aksi Seorang Nenek Bergelayutan di Monkey Bar Demi Jaga Kebugaran

Viral! Aksi Seorang Nenek Bergelayutan di Monkey Bar Demi Jaga Kebugaran

KEPONEWS.COM - Viral! Aksi Seorang Nenek Bergelayutan di Monkey Bar Demi Jaga Kebugaran SEBUAH video yang menunjukkan seorang nenek-nenek bergelayutan di monkey bar kini tengah ramai menjadi perbincangan netizen. Banyak yang menginginkan memiliki tubuh kuat seperti itu. Tidak sedikit pul...

SEBUAH video yang menunjukkan seorang nenek-nenek bergelayutan di monkey bar kini tengah ramai menjadi perbincangan netizen. Banyak yang menginginkan memiliki tubuh kuat seperti itu. Tidak sedikit pula yang memuji dan kagum dengan aksi nenek-nenek itu.

Dalam video, terlihat sang nenek mendorong troli buatannya menuju monkey bar yang berada di sebuah taman yang digunakan banyak orang untuk berolahraga. Monkey bar ialah sebuah alat olahraga yang berfungsi melatih kekuatan tangan. Setelah sampai di monkey bar, nenek itu menjadikan trolinya sebagai alat bantu untuk naik.

Setelah berhasil mencapai bagian atas monkey bar, nenek itu kemudian mulai bergelayutan. Aksi nenek itu mendapatkan perhatian dari orang-orang yang juga tengah berolahraga di taman. Beberapa diantaranya bahkan ada yang terlihat tertawa seolah tidak percaya dengan aksi yang dilakukan nenek itu. Usai bergelayutan di monkey bar, nenek itu kembali turun menggunakan troli dan berjalan kembali.

Dilihat dari segi kesehatan, apakah olahraga yang dilakukan nenek ini berbahaya bagi tubuhnya? Dokter spesialis keolahragaan, dr Michael Triangto, SpKO, memberikan jawabannya.

Bila ditanya apakah yang dilakukan nenek tersebut berbahaya atau tidak, saya jawab iya. Nenek itu bisa terjatuh dan tulangnya patah. Selain itu, olahraga ini bisa membuat orang mudah terkena osteoporosis. Bagi penderita osteoporosis, olahraga ini tidak boleh dilakukan, ujar dr Michael ketika dihubungi oleh Okezone, Selasa (25/7/2017).

Menurut dr Michael, penderita osteoporosis tidak boleh melakukan gerakan yang menimbulkan tarikan pada tulang melainkan memberikan tekanan pada tulang. Olahraga ada dua jenis yaitu aerobik dan anaerobik. Apa yang dilakukan nenek itu termasuk dalam olahraga anaerobik yang bisa menyebabkan tarikan berat badan, sehingga tidak bagus untuk osteoporosis karena memengaruhi sumbu tulang panjang.

Dalam cuplikan video, memang terlihat nenek itu sedikit membungkuk ketika berjalan dengan troli. Bagi para penderita osteoporosis, dr Michael menyarankan untuk melakukan aktivitas olahraga lain seperti berjalan dengan membawa beban atau mendayung pedal sepeda di atas meja menggunakan tangan. Kedua olahraga itu lebih baik bagi penderita osteoporosis dibandingkan dengan berenang atau bersepeda.

Terlepas dari bahaya atau tidaknya tindakan yang dilakukan oleh nenek itu, harus dilihat apa yang menjadi memotivasi nenek itu untuk bergelayutan. Terlebih, dia seperti tidak mau menyulitkan orang lain dan memilih berjalan sendiri menggunakan troli. Menurut dr Michael, nenek itu tetap ingin menjaga kebugaran tubuhnya sementara di sisi lain dia memiliki masalah arthritis pada kakinya. Bergelayutan sendiri melatih kekuatan bahu, lengan, dan siku.

Bila kita memiliki kekurangan pada salah satu bagian tubuh, kita bisa melatih kebugaran anggota tubuh yang lain. Nenek itu menyadari dia tidak kuat berjalan, sehingga untuk menjaga kebugaran tubuhnya, dia memilih bergelayutan di monkey bar. Namun agar lebih aman, sebaiknya menggunakan monkey bar yang tingginya lebih rendah, ada alas di bawahnya, dan kalau bisa ada yang mendampingi, pungkas dr Michael.

Cek videonya di bawah ini:

Viral! Aksi Seorang Nenek Bergelayutan di Monkey Bar Demi Jaga Kebugaran

Comments